Daerah

Banyak Investor Tertarik Bangun Kampung Wisata di Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Saat ini Kabupaten Purwakarta sudah cukup dikenal masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia maupun Mancanegara. Salah satu faktor yang membuat Kabupaten Purwakarta bisa cukup dikenal saat ini yaitu dari segi pariwisata dimana Purwakarta banyak memiliki lokasi wisata yang bisa dikunjungi.

Diantara berbagai kampung wisata bisa menjadi referensi anda untuk mengunjungi Kabupaten Purwakarta seperti Kampung Peuyeum, Kampung Gula, Kampung Keramik, serta Kampung Tajur Purwakarta yang berbasis pertanian.

Konsep pembangunan Kampung Wisata yang diciptakan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tersebut ternyata mengundang ketertarikan Investor untuk membangun beberapa Kampung Wisata lainnya di Purwakarta, hal ini seperti dibenarkan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat ditemui belum lama ini.

“Saat ini sudah ada lima investor yang menemui Saya untuk membangun Kampung Wisata di kawasan yang berbeda di Purwakarta,” kata Dedi.

Setidaknya dari berbagai lokasi yang akan dibangun Kampung Wisata, sudah ada lima lokasi yang sudah mendapatkan izin, dimana para investor itu akan membangun Kampung Wisata seluas 1.000 Hektar dilokasi berbeda, yaitu Kahuripan-Cirangkong, dua lokasi di Kutamanah, Ciririp, dan Wanayasa.

“Untuk yang paling luas di Ciririp dengan luas 300 hektar dan paling kecil 6 hektar di Cirankong,” ujar Dedi.

Kendati di lima lokasi tersebut sudah mengantongi izin untuk di bangun Kampung Wisata, Dedi menegaskan kepada investor untuk membangun dengan tidak mengeksploitasi alam apa lagi merusak hutan disekitar lokasi tersebut.

“Saya meminta kepada mereka untuk membangun konsep rumah panggung agar lahan dibawahnya tidak rusak,” jelas lelaki yang akrab disapa Kang Dedi ini.

Selain pembangunan Kampung Wisata, rencananya nanti akan dibangun Rumah Sakit yang berbasis alam, dengan ketenangan dan suasana alam tersebut diharapkan bisa membantu proses penyembuhan pasien yang sakit.

“Sebagai penghasil bambu terbesar di Purwakarta, di Sukasari akan kita bangun kampung wisata juga yakni Kampung Bambu,” tambah Dedi.

Selain itu, pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta juga sudah menyiapkan berbagai konsep pariwisata dengan konsep pembangunan Kampung Wisata lain, diantaranya nantinya di Purwakarta akan ada Kampung Senyap di Wanayasa. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top