Daerah

Muttaqien Music and Arts Festival

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Mahasiswa STIE. DR. KHEZ. Muttaqien mengadakan kegiatan Festival Band dan Tari Tradisional Jawa Barat, acara yang dilaksanakan di area kampus STIE. DR. KHEZ. Muttaqien dijadwalkan digelar selama dua hari yaitu 30 – 31 Desember 2016.

Sebanyak 40 kelompk tari serta 30 kelompok band turut serta dalam kegiatan, hal ini seperti dikatakan Presiden BEM STIE. DR. KHEZ. Muttaqien Irfan Firdaus saat ditemui, Jumat (30/12/2016).

“Untuk peserta lomba tari yaitu berasal dari kalangan pelajar SD, SMP dan SMA sedangkan peserta festival band dari kalangan umum,” kata Irfan.

Irfan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan apresiasi dan kecintaan terhadap kesenian dan budaya tradisional. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat khususnya generasi muda terhadap musik tradisional serta sebagai wadah untuk menyalurkan bakat tari serta bakat bermain musik dengan festival band.

“Ini juga sebagai event akhir tahun kerena sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru yaitu tahun 2017,” jelasnya.

Di era sekarang ini khusus untuk peserta lomba tari, Irfan mengungkapkan, saat ini telah banyak tari tradisional yang di modifikasi kerena perkembangan zaman. Sehingga seni tradisional sudah sangat jarang ditampilkan.

Ada yang beranggapan tari tradisional oleh sebagian besar masyarakat modern. Jika ini dibiarkan, maka nasib tari tradisional lama kelamaan akan hilang, dan ini juga merupakan alasan kita mengelar lomba tari tradisonal khususnya tari tradisional Jawa Barat.

“Acara ini juga sebagai ajang memperkenalkan kampus kita kepada para pelajar dan masyarakat yang ada di Purwakarta,” ungkapnya.

Irfan menambahkan, dalam Festival Band dan Tari Tradisional Jawa Barat, pihak panitia menyiapkan tropi, piagam serta uang pembinaan bagi peserta yang berhasil menjadi juara 1,2 dan 3.

“Untuk dewan jurinya 2 orang kita datangkan dari kota Bandung dan 1 orang juri dari pihak kampus,”ujar Irfan.(Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top