Leisure

Kolam Air Gunung Cijanun, Akan Jadi Destinasi Wisata Baru di Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Salah satu tempat wisata yang akhir-akhir ini ramai dikunjugi warga Purwakarta adalah kolam Wisata Cijanun di Kampung Cijanun Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong.

Kolam dengan luas 2 hektar ini, ramai dikunjungi masyarakat pemburu wisata alam sejak pertengahan 2016 lalu. Selain sejuk, para pengunjung bisa berenang di kolam ini tanpa dipungut biaya sepeserpun alias geratis. Tanpa campuran bahan kimia, air di kolam Cijanun bersih, bening dan dingin. Air tersebut berasal dari pegunungan yang tak jauh dari lokasi wisata yang akhir -akhir ini terus diperbaiki dan dalam pengelolaan oleh pihak aparat desa setempat.

Daerah yang masih asri dan terkenal sejuk ini, memang sangat tersembunyi. Tapi dengan menggunakan kendaraan roda dua, hanya butuh waktu 1 jam untuk bisa sampai ke lokasi tersebut dari pusat kota Purwakarta.

Dari informasi yang dihimpun, kolam jernih yang berasal dari air pegunungan ini mulai didatangi warga sejak hari raya idul fitri 2016 lalu. Dengan memanfaatkan media sosial, publikasi lokasi tersebut terus dilakukan sampai saat ini banyak pengunjung yang menikmati wisata alam di kecamatan yang terkenal dengan daerah kebun teh tersebut.

“Apa lagi sekarang liburan sekolah, banyak yang datang kesini,” kata Iko (56) salah seorang warga desa setempat, Kamis (05/01/2017).

Daerah wisata yang dikelilingi hutan dan areal persawahan ini kata dia, sampai sekarang masih terus diperbaiki. Ada investor dari luar Purwakarta yang tengah melakukan perbaikan dan menyediakan sejumlah fasilitas untuk memanjakan pengunjung yang datang lokasi wisata ini. Kondisi ini jelas dimanfaatkan warga sekitar. Selain pengelolaan parkir, tak sedikit juga warga yang berjualan makanan dan minuman di sekitar lokasi wisata.

“Ada investor dari luar, tapi tetap untuk pengelolaan diserahkan kepada pihak Desa Cupeundeuy dan masyarakat Kampung Cijanun. Sekarang wisata kolam renang mata air gunung itu sedang tahap pembangunan,” ungkapnya

Sarah (34) salah seorang pengunjung yang mengaku berasal dari Karawang mengatakan, ia baru pertama kali mengunjungi lokasi wisata tersebut. Kejernihan kolam yang berasal dari air pegunungan dan pemandangan alam yang mendorong dirinya untuk datang ke lokasi tersebut.

“Saya bersama keluarga sengaja datang untuk memanfaatkan waktu libur awal tahun. Di sini tempatnya sejuk, airnya pun bersih,” kata dia. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top