Daerah

Bus Diperbolehkan Melintas di Jembatan Cisomang

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Kakorlantas Mabes Polri dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, secara resmi memberlakukan pengaturan lalu lintas baru di Jembatan Cisomang, dimana terhitung sejak 23 Februari 2017 pukul 11.00, kendaraan bus diperbolehkan melintas diatas Jembatan Cisomang Km100+700 Jalan Tol Purbaleunyi, Purwakarta, Jawa Barat.

Keputusan pembukaan akses bagi kendaraan bus setelah melalui pertimbangan serta koordinasi dan supervisi Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Tim Ahli Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Selanjutnya PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai pelaksana perbaikan Jembatan Cisomang, dengan supervisi dari Tim Ahli KKJTJ, terus memonitor pergerakan pilar selama masa perbaikan Jembatan Cisomang, termasuk setelah diberlakukannya ketentuan bus dapat melintasi jembatan.

Ketua Tim Penanganan Perbaikan Jembatan Cisomang dari unsur Jasa Marga, Silvester Aryan Widodo, menegaskan kendaraan bus aman melintas diatas Jembatan Cisomang. Dia mengungkapkan yang bisa melintas jembatan ini adalah dengan berat maksimal 15 ton.

“Beban 15 ton diperbolehkan. Saat ini bus dari Jakarta ke Bandung sudah bisa melintas di Jembatan Cisomang,” tegas Aryan

Sebelumnya Jasa Marga hanya memperbolehkan Golongan I kendaraan pribadi, seperti sedan/jeep/minibus yang dapat melintas di Jembatan Cisomang.

Dengan diberlakukan bus kembali melintas jembatan Cisomang ini, diharapkan dapat mengurangi kepadatan di wilayah jalur arteri Cikampek yang kondisi jalannya perlu diperbaiki.

Aryan menambahkan, hingga saat ini progres perbaikan jembatan Cisomang telah mencapai 40% – 45%. Progres pekerjaan perbaikan dan perkuatan Jembatan Cisomang diharapkan selesai sesuai target, yaitu pada akhir Maret 2017.

“Kami akan terus memantau pergerakan pilar 24 jam terus menerus, dengan alat Robotic Total Station”, demikian tambahnya,”

Beberapa progres pekerjaan yang dilakukan antara lain, pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) di pilar P0 dan P2 sudah 100%, pekerjaan Unloading (cutting lereng) di pilar P0 sekitar 70% dan P5 sudah 100%, lekerjaan strutting baja sekitar 90%, pekerjaan boredpile di pilar P2 sudah mencapai 100%, pekerjaan jacketing column, di pilar P0 sekitar 60% dan P5 sekitar 40%, pembuatan Jalan Akses Darurat (Detour) KM 99 100% dan KM 107 sekitar 40%.

Jasa Marga menghimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati memperhatikan rambu/petunjuk yang ada serta mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas terkini di ruas jalan tol Jasa Marga yang bisa didapatkan melalui Jasa Marga Traffic Information Center (14080), Twitter @PTJASAMARGA, Live streaming www.jasamargalive.com dan Mobile Apps JMCARe. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top