Daerah

PT. BCA Purwakarta Penuhi Tuntutan Warga Sukamaju, Aksi Demo Dibatalkan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Setelah melakukan kembali musyawarah antara warga Desa Sukamaju Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta dengan PT. Bumi Cikeupeul Abadi (BCA) Site Purwakarta, terkait tuntutan warga kepada perusahaan tersebut, akhirnya menemukan titik terang karena dari hasil pertemuan pada tanggal 8 Februari 2017, pihak PT. BCA Purwakarta sepakat memenuhi semua tuntutan warga Desa Sukamaju.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, rencana aksi demo warga Desa Sukamaju ke kantor PT. BCA Purwakarta yang akan dilaksanakan tanggal 13 dan 14 Februari 2017 dibatalkan oleh warga.

“Alhamdulillah tuntutan warga dikabulkan pihak perusahaan dimana Pemerintah Desa Sukamaju dan PT. BCA sudah membuat Surat Kesepakatan Bersama yang diketahui Muspika Kecamatan Sukatani,” kata Ayi Kodariah, S.Pd.i, Kepala Desa Sukamaju saat ditemui, Minggu (12/02/2017).

Adapun isi Surat Kesepakatan Bersama tersebut diantaranya, PT. BCA Purwakarta akan memberikan anggaran kesehatan lingkungan warga Desa sebesar Rp. 5.000.000 setiap bulannya, memberikan anggaran sebagai Pendapatan Asli Desa Sukamaju setiap bulan disetiap tanggal 10, sebesar Rp. 1.500.000.

“Serta sebagai bentuk rasa perhatian kepada masyarakat, pihak perusahaan akan memberikan bingkisan sembako disetiap Hari Raya Idul Fitri,” jelas Ayi.

Tidak hanya itu, Ayi menambahkan dalam surat tersebut juga pihak perusahaan akan meningkatkan intensitas penyiraman jalan guna meminimalisir dampak debu dari aktifitas proyek yang berjalan serta jika suatu saat pihak perusahaan membutuhkan tenaga kerja baru, perekrutan tenaga kerja di PT. BCA diprioritaskan bagi warga sekitar dan terkait masalah limbah perusahaan, limbah yang dihasilkan dari kegiatan perusahaan akan dikelola Karang Taruna yang berkoordinasi dengan Karang Taruna Desa Cipicung dan Desa Cilalawi.

“Dan yang lebih pentingnya PT. BCA Purwakarta bersedia melaksanakan pembenahan secara berkelanjutan terhadap lingkungan yang terkena dampak negatif dari aktifitas pertambangan yang dilakukan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Surat Kesepakatan Bersama ditandatangani oleh Kepala Desa Sukamaju Ayi Kodariah, S.Pd.i selaku pihak Pemerintah Desa Sukamaju dan IR. R. Ekko Budihardono selaku perwakilan PT. BCA Purwakarta serta ditandatangi saksi dari Badan Musyawarah Desa (Bamudes) Sukamaju, Karyadi dan diketahui / ditandatangi juga oleh Muspika Kecamatan Sukatani. Surat tersebut dibuat pada tanggal 8 Februari 2017 saat melakukan pertemuan di Kantor Kecamatan Sukatani. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top