Daerah

Srikandi Biru Polres Purwakarta Bantu Balita Penderita Hidrocepalus

JABARNEWS | PURWAKARTA – Srikandi Biru Polres Purwakarta merupakan petugas Polisi Wanita (Polwan) yang memiliki satu tugas untuk melakukan patroli rutin di wilayah Kabupaten Purwakarta, belum lama ini saat melakukan patroli rutin Srikandi Biru Polres Purwakarta melakukan kunjungan salah salah satu balita bernama M.Rahman Satya (1) yang menderita sakit Hidrocepalus.

M.Rahman Satya merupakan anak dari pasangan Mujiono dan Sri Rahayu warga Gg. Baing Kelurahan Cipaisan Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Pada saat Srikandi Biru Polres Purwakarta berkunjung ke rumah tersebut, Mujiono menceritakan kondisi buah hatinya yang menderita penyakit Hidrocepalus sejak lahir.

“M.Rahman Satya mulai mendapatkan perawatan dari bulan Juni hingga Juli 2016 di RS Hasan Sadikin Bandung dan pada 23 Januari 2017 hingga 4 Februari 2017 dirawat di RSUD Bayu Asih Purwakarta,” kata Bripda Devi salah satu petugas Srikandi Biru Polres Purwakarta saat ditemui, Sabtu (25/02/2017).

Devi mengungkapkan, berdasarkan penjelasan yang disampaikan Mujiono orang tua M Rahman Satya, dari keterangan Dokter RS Hasan Sadikin Bandung, anaknya tidak bisa dioperasi karena berdasarkan hasil scan torax terjadi pengecilan di paru-paru dan ada kista diparu.

“Karena terbentur masalah biaya, Pak Mujiono membawa anaknya pulang dan hanya melakukan kontrol rutin serta ganti selang sonde 2 minggu sekali ke RSUD Bayu Asih,” ungkap Devi.

Mendengar cerita dari pak Mujiono, Devi melaporkan apa yang Ia temukan saat melakukan patroli rutin tersebut kepada Kapolres Purwakarta Kapolres Hanny Hidayat, hal hasil Kapolres langsung memerintahkan untuk membantu M Rahman Satya bayi penderita Hidrocepalus dengan membawanya ke RSCM Jakarta untuk dilakukan perawatan intensif.

“Alhamdulillah Pak Kapolres langsung membantu keluarga tersebut, pada tanggal 20 Februari 2017 atas persetujuan Pak Mujiono dan istri anak mereka kita bawa ke RSCM Jakarta untuk dilakukan perawatan intensif,” ujar Devi.

Namun setelah berbagai upaya dilakukan tim dokter dengan maximal balita tersebut tidak tertolong dan menghembuskan nafas terakhir di RSCM Jakarta pada hari Jum’at tanggal 24 Februari 2017 pukul 09.17wib. Pada Jum’at siang pukul 11.00 Wib Srikandi Biru Polres Purwakarta bersama anggota Bidokkes Polres Purwakarta menjemput jenazah di RSCM Jakarta Pusat.

“Jenazah M. Rahman Setya dikebumikan di TPU Kelurahan Cipaisan Kecamatan Purwakarta Kab. Purwakarta,” jelas Devi.

Dalam pemakaman M Rahman Satya selain pihak keluarga, terlihat puluhan anggota polisi Polres Purwakarta hadir diantaranya Kabag Sumda Kompol Ahmad Nurhadi yang mewakili Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat beserta Srikandi Biru Purwakarta.

“Kami atas nama Polres Purwakarta turut berduka cita atas meninggalnya alm M Rahman Satya semoga alm ditempatkan disisi allah swt dan semoga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Amiiin..”Kami belum sempurna, Tapi kami berusaha untuk memberikan yang terbaik”, pungkas Devi. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top