Leisure

Wisata Pasir Langlang Purwakarta Tempat Bagi Pencinta Alam

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Destinasi wisata Pasir Langlang yang terletak di perbukitan Desa Pusaka Mulya Kecamatan Kiarapedes merupakan lokasi yang tepat bagi anda para Pencinta Alam, dilokasi yang masih sangat asri ini nantinya anda akan mendapatkan udara yang begitu segar dengan deretan pohon pinus lengkap karena masih terbebas dari polusi kendaraan maupun polusi industri.

Saung Gede yang dipercaya pihak Perhutani untuk menjadi pengelola hutan pinus tersebut menyebutkan bahwa rata-rata wisatawan berasal dari segmen remaja dan pecinta alam.

“Kalau sehari-hari saya lihat kebanyakan remaja dan pecinta alam ya. Sering juga ada yang pre-wedding disini,” ujar perwakilan Saung Gede, Nandang Mulya Nugraha belum lama ini.

Nandang menjelaskan, jika dilihat dari atas, kawasan ini terlihat seperti toping hijau yang menutupi permukaan tanah. Hal ini karena masyarakat setempat dilarang menebang pohon yang tumbuh di kawasan tersebut, mereka hanya dibolehkan memungut ranting kayu yang jatuh untuk digunakan sebagai bahan bakar memasak sehari-hari.

Sementara itu, salah satu pengunjung Julia (17) usai berfoto dengan teman-temannya mengatakan, sudah dua kali dirinya datang menikmati hutan pinus di wilayah ini. Ia mengaku merasakan ketenangan saat berada diantara pohon-pohon pinus di tempat tersebut.

“Enak aja suasananya, tenang, nyaman, udaranya sejuk. Kapan-kapan nanti mau coba camping, belum sempat karena belum libur sekolah,” ujar pelajar Kelas XII di salah satu sekolah negeri di Purwakarta itu.

Untuk mencapai lokasi Pasir Langlang, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Kapten Halim Purwakarta menuju arah Wanayasa, melewati pasar setempat hingga sampai ke Gapura Desa Pusaka Mulya, Kiarapedes. Setelah berjalan lurus dari gapura tersebut, wisatawan akan menemukan petunjuk jalan menuju kawasan Wana Wisata Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta.

Uang sebesar Rp5 ribu harus disiapkan untuk membeli tiket masuk, sementara jika wisatawan berminat untuk menikmati camping ground disana, mereka harus membayar tiket dua kali lipat atau sebesar Rp.10 ribu plus Rp.330 ribu untuk biaya sewa guide, tenda, sleeping bag, matras, dan satu set alat masak. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top