Daerah

Yayasan Resik Purwakarta Bekali Kader Baru Untuk Tanggulangi dan Cegah HIV/AIDS

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Untuk memberikan pengetahuan terkait HIV/AIDS bagi Kader Peduli HIV/AIDS di Kabupaten Purwakarta yang baru saja bergabung, Yayasan Resik, Kamis (23/02/2017) menggelar kegiatan pembekalan Kader di Drop In Center Yayasan Resik Purwakarta di jalan Alternatif BIC, Cikopak, Desa Mulya Mekar, Kecamatan Babakan Cikao, Puri Melati Estet Blok B No 13, Purwakarta.

Kegiatan pembekalan ini diikuti 13 Kader baru yang berasal dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta dan sebagai pemateri dari Yayasan Resik itu sendiri serta pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta.

“Sebelumnya kita baru memiliki Kader di 5 Kecamatan dengan adanya Kader baru ini, semua Kecamatan yang ada di Purwakarta sudah ada Kader Peduli HIV/AIDS dengan Kader berjumlah saat ini 37 orang,” kata Hasan selaku Direktur Program Yayasan Resik.

Hasan menjelaskan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan wawasan kepada Kader tentang dinamika HIV/AIDS, informasi situasi dan kondisi penyebaran HIV/AIDS, memberikan ketermpilan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat luas, tugas dan fungsi kader masyarakat peduli HIV/AIDS di Lingkungan masing–masing serta menjalankan program pencegahan HIV/AIDS dan membantu dalam penyebarluasan informasi mengenai HIV/AIDS kepada masyarakat luas.

“Intinya kegiatan ini sendiri bertujuan untuk membekali pemahaman Kader tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Karena selama ini, tingkat pemahaman orang terhadap penyakit ini masih rendah dan seringkali distigmakan buruk,” jelasnya.

Hasan menambahkan, Kader inilah nantinya yang akan kerap melakukan sosialisasi bahaya HIV/AIDS baik bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Desa serta sosialisasi kerumah-rumah di wilayah tempat tinggal mereka masing-masing dan yang lebih pentingnya lagi mereka merupakan orang yang sangat penting untuk merubah para digma yang buruk kepada masyarakat sekitar, terkait Orang Dengan HIV/AIDS(Odha).

“Dengan adanya Kader ini bisa memberikan pemahaman yang jelas kepada masyarakat terkait HIV/AIDS dan mampu mencegah penyebarluasannya serta mengajak populasi kunci juga ibu hamil untuk melakukan tes HIV/ AIDS,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kader Peduli HIV/AIDS selain mendapatkan informasi terkait HIV/AIDS, mereka juga dibekali pengetahuan alur layanan rujukan dan mekanisme perawatan Odha oleh Dokter Mei selaku pihak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top