Bisnis

Optimalkan Pengembangan KUK, BI Jabar Lakukan Kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar

JABAR NEWS | BANDUNG – Guna meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) di Provinsi Jawa Barat (Jabar), kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar melakukan kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jabar.

Kerjasama tersebut ditandai dengan Penandatangan Kerjasama yang dilakukan oleh Kepala kantor perwakilan BI Jabar Juda Agung dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar Dudi Sudrajat Abdurachim, Rabu (22/03/2017) di Ballroom GH Universal Hotel Bandung.

“Tujuan kerjasama ini untuk meningkatkan koordinasi dan mensinergikan peranan dalam mengoptimalkan pengembangan koperasi dan usaha kecil di Jawa Barat melalui berbagai kegiatan,” kata Juda.

Juda menjelaskan kegiatan yang dimaksud adalah melakukan kegiatan bersama dalam berbagai bidang penelitian, pelatihan, seminar atau workshop, studi banding, pameran, fasilitasi, sosialisasi kegiatan pengembangan dan pemberdayaan KUK.

“Selain itu penyediaan data dan informasi serta melakukan sinergi dengan perbankan untuk melakukan sosialisasi skim kredit/pembiayaan bagi UKM dan edukasi tentang inklusi keuangan untuk pengembangan UMKM juga akan dilakukan,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri para pihak perbankan, Pemerintah Daerah dan Instansi terkait tersebut juga digelar acara Enterpreneur Camp bagi bagi calon Wirausaha Bank Indonesia (WUBI).

“WUBI merupakan salah satu program Bank indonesia yang dilatarbelakangi oleh komitmen BI dalam mengembangkan UMKM di Jabar,” tambah Juda.

Kegiatan Enterpreneur Camp kali ini merupakan kali ketiga yang dilakukan BI Jabar sejak tahun 2012 yang lalu yang telah melalukan rekrutmen serta membentuk WUBI angkatan Pertama dan Kedua pada tahun 2014 dengan fokus pada peningkatan jumlah wirausaha di sektor agribisnis dan berorientasi ekspor dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan perbaikan struktur neraca perdagangan.

“Acara Enterpreneur Camp adalah untuk memperoleh informasi interaksi sosial, motivasi serta komitmen para peserta dalam mengikuti program wirausaha BI,” ungkap Juda.

Juda berharap dengan adanya program WUBI Jabar ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing wirausaha industri kreatif di Jawa Barat dalam menghadapi era globalisasi perdagangan khususnya ditingkat Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top