Daerah

6 Bus Angkut Pekerja Ikuti Mudik Gratis Bareng BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menyelenggarakan mudik gratis bagi para pesertanya. Hal ini dalam rangka mendukung program mudik yang dicanangkan pemerintah.

Seperti di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta juga mengadakan kegiatan mudik gratis bagi pesertanya, dan tahun 2017 ini sebanyak 200 orang yang terdiri dari pekerja dan keluarganya mengikuti kegiatan tersebut.

“Tahun lalu kita gabung di Kabupaten Karawang untuk program mudik gratis, dan alhamdulillah tahun ini kita bisa menyelenggarakan sendiri dengan menyiapkan 6 armada bus yang mengangkut 200 peserta bersama keluarganya,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta Didi Sumardi, usai melepas keberangkatan peserta mudik, Jum’at pagi (23/06/2017).

Didi menjelaskan, mudik bersama BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun, selain sebagai agenda Tanggung Jawab Sosial (TJSL) BPJS Ketenagakerjaan juga sebagai wujud terima kasih BPJS Ketenagakerjaan kepada perusahaan yang tertib administrasi dalam pembayaran dan pendaftaran pekerjanya.

Diketahui para peserta yang ikut dalam kegiatan kali ini berangkat ke kampung halaman masing-masing, seperti Tegal, Klaten, Wonogiri, Solo Pemalang, Brebes, Pekalongan dan kota lainnya di pulau Jawa dan tahun ini ada juga peserta yang mudik menuju Kota Lampung di Pulau Sumatera.

“Ini juga sebagai wujud memberikan kebahagiaan kepada orang lain, Insya Allah kita akan mendapatkan berkah di bulan Ramadhan. Rata-rata yang ikut dalam program ini yang notabennya kaum pekerja bawah,” jelas Didi.

Dalam kesempatan itu juga, Didi mendorong perusahaan yang ada di Kabupaten Purwakarta untuk memberikan reward kepada karyawannya, misalnya karyawan teladan dan anaknya diberikan beasiswa pendidikan, jangan hanya ketika mengalami musibah ataupun meninggal memberikan santunan tetapi prestasi kerjanya pun harus dihargai.

“Tahun depan akan kita usahakan jumlah pekerja di Purwakarta yang ikut mudik gratis bisa lebih banyak, kali ini baru 6 bus, dan kedepan kita usahakan 20 bahkan hingga 40 bus,” ujar Didi.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta Didi Sumardi dan Kepala Disnakesostrans Kabupaten Purwakarta, Drs Nana Mulyana saat berdialog dengan para peserta mudik gratis sebelum keberangkatan, Jum’at (23/06/2017). (Foto: Red)

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sosial, dan Transmigrasi (Disnakesostrans) Kabupaten Purwakarta, Drs Nana Mulyana memberikan apresiasi kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta yang telah memberikan kepeduliannya dalam rangka ikut serta membahagiakan pekerja dan memberikan fasilitas untuk mudik dan tiba di kampung halaman.

Mudah-mudahan kedepan BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta bisa memberikan fasilitas mudik gratis dengan jumlah pekerja yang cukup banyak.

“Ini sangat membantu, selain meringankan beban biaya, pekerja juga lebih nyaman saat mudik karena tidak berdesakan saat naik bus dan hal lainnya,” tambah Nana.

Ditempat yang sama, salah satu peserta mudik gratis bersama BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta, Triadi (35) mengaku sangat senang dengan adanya program ini.

Ia beserta istri dan 1 orang anaknya menjadi lebih mudah untuk mudik ke kampung halaman yaitu menuju Klaten dengan fasilitas yang diberikan pihak BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta.

“Biasanya jika mudik saya dan istri naik motor ke Klaten dengan jarak tempuh yang cukup lama, sekitar 12 jam belum lagi resiko dijalan, dengan adanya program ini sangat membantu saya dan keluarga juga para pekerja yang ada di Purwakarta,” ungkapnya.

Triadi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta dan pihak perusahaan istrinya yang sudah memberikan fasilitas mudik gratis ini, semoga tahun depan kegiatan ini terus ada dan ia bisa kembali mudik gratis dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top