Daerah

Arman: Pemudik Perhatikan Rambu Di Beberapa Titik Rawan Lalin Wilayah Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Kabupaten Purwakarta adalah salah satu daerah yang di lintasi pemudik di setiap tahunnya jelang dan sesudah Lebaran Idul Fitri, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Sebagai wilayah jalur mudik dan balik Lebaran Idul Fitri tentunya terdapat sejumlah titik yang dianggap rawan kecelakaan lalu lintas, baik itu di jalur Tol maupun di jalur alternatif.

Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Arman Sahti menyebutkan ada beberapa titik rawan kecelakaan di jalur tol dan arteri di Purwakarta yang harus diwaspadai para pemudik.

“Daerah rawan laka ada di Tol Purbaleunyi sekitar KM 84 sampai KM 100, baik dari arah Jakarta-Bandung atau sebaliknya,” kata Arman kepada awak media belum lama ini.

Menurut Arman, daerah tersebut rawan kecelakaan akibat kontur jalan Tol yang berkelok-kelok sehingga menjadi titik lelah pengemudi, terutama dari arah Jakarta menuju Bandung.

Arman menambahkan,  tidak hanya di Tol Cipularang, jalur arteri di Purwakarta dan ruas tol Cipali juga memiliki titik rawan kecelakaan yang terdapat di KM 73 hingga KM 83.

“Untuk arteri jalur Sukatani-Purwakarta, Darangdan yang menuju Padalarang atau sebaliknya. Di arteri karena kondisi jalan yang sempit dan kondisi pengemudi yang kurang hati-hati,” tambahnnya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kepadatan dan kecelakaan Arman menjelaskan, Pos Pengamanan (Pos Pam) sudah disiagakan dengan baik oleh Polres Purwakarta.

“Tersebarnya Pos Pam dibanyak titik, terutama di beberapa daerah rawan. Termasuk juga rambu-rambu lalu lintas, petunjuk jalan tambahan dan petugas keamanan yang bersiaga,” jelasnya.

Atas nama segenap jajaran Polres Purwakarta, Arman mengimbau bagi pemudik untuk selalu berhati-hati saat berkendara, jangan lupa menjaga stamina, serta mengecek terlebih dahulu kendaraan sebelum melakukan perjalanan arus mudik lebaran. 

“Jika pemudik merasa sudah lelah ataupun mengantuk, ada baiknya untuk beristirahat di Rest Area Mini dan Rest Area Tol atau bergantian mengendarai kendaraannya. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kecelakaan,” harap Arman. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top