Leisure

Bersahabat Dengan Alam Di Kebun Persahabatan Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Bosan dengah hiruk pikuk perkotaan ? Membutuhkan tempat untuk relaksasi? Mungkin anda perlu mengunjungi kebun yang satu ini.

Kebun Persahabatan, berada di Kabupaten Purwakarta, tepatnya terletak di Kampung Panenjoan, Desa Salam Mulya, Kecamatan Pondok Salam atau kurang lebih 20 Km dari Pusat Pota Purwakarta. 

Kebun seluas kurang lebih 11 hektare yang dikelola oleh Rohaniawan Budha ini berbeda dengan tempat wisata pada umumnya. Kesunyian tergambar dari pintu gerbang utama tempat ini yang selalu tertutup.

Hal ini memang sengaja dilakukan untuk menjaga kekhususan tempat ini sebagai tempat yang sunyi. Namun, Kebun Persahabatan ini terbuka untuk umum.

Saat memasuki area kebun, puluhan jenis tanaman sayuran dan buah-buahan yang tertata rapih seolah menyambut para pengunjung  dipercantik dengan susunan ban warna-warni. 

Dua patung gajah putih yan konon melambangkan cinta kasih umat manusia pun tak kalah menarik perhatian. Nilai tambah tempat ini juga disempurnakan dengan pemandangan Danau Jatiluhur yang dapat diintip dari kejauhan.

Sebagai tempat relaksasi, tempat ini juga ditunjang dengan gazebo dan saung yang dapat digunakan untuk beristirahat hingga beribadah menurut agama dan keyakinan masing-masing.

Kendati dibangun dan dikelola oleh Rohaniawan Budha, sesuai namanya Kebun Persahabatan sengaja dibangun sebagai tempat menenangkan diri bagi siapapun tak terbatas pada agama manapun.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi tempat ini ?, untuk masuk ke Kebun Persahatan tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Namun tempat ini memiliki syarat utama bagi para pengunjungnya, yakni sangat dilarang untuk membuat kegaduhan atau memiliki niat yang buruk.

Hal ini tentunya untuk menjaga nilai ketenangan sehingga seluruh pengunjung dapat merasakan kenyamanan berada di Kebun Persahabatan. (Mar)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top