Daerah

Jelang Tahun Ajaran Baru, Dana Bansos Penerima PKH Bagi Masyarakat Purwakarta Disalurkan

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Menjelang tahun ajaran baru sekolah di tahun 2017 ini, dana Bantuan Sosial (Bansos) yang diperuntukan bagi belasan ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat mulai disalurkan.

Untuk penyaluran dana bansos di tahun ini akan dilakukan secara non tunai, penyaluran dana bansos dilakukan dengan cara non tunai dimana dana PKH akan ditransfer dari Kemensos ke rekening pribadi masing-masing milik KPM di beberapa bank yang menjadi anggota HIMBARA seperti BNI 46, BTN, BRI, Bank Mandiri.

“Mulai hari ini, warga Purwakarta penerima PKH segera menerima bansos dari Pemerintah Pusat melalui Kemensos secara non tunai, dan untuk di Purwakarta bank yang ditunjuk sebagai penyalur yaitu BNI 46,” kata Ketua Forum Pendamping PKH Kabupaten Purwakarta, Deni Yusuf saat ditemui, di Kecamatan Kota Purwakarta saat memantau aktivasi rekening para penerima dana PKH, Sabtu (03/06/2017).

Deni menjelaskan, sesuai aturan dari Pemerintah Pusat, penyaluran dana bansos PKH tahun ini dilakukan secara non tunai, dan di penyaluran tahap 1 ini warga harus melakukan aktivasi tabungan terlebih dahulu, sehingga dalam penyaluran selanjutnya dana bansos PKH secara otomatis akan masuk ke rekening penerima.

“Karena ini penyaluran tahap awal secara non tunai makanya warga melakukan aktivasi dulu dan kedepan penyaluran dana PKH akan langsung masuk ke rekening warga dan tidak perlu antri ataupun berdesakan,” jelas Deni.

Deni mengungkapkan, dalam penyaluran tahap 1 ini, dari total penerima PKH yang ada 17 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta, baru 14 Kecamatan yang sudah bisa disalurkan di bulan Juni ini dan 3 Kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Maniis, Tegalwaru dan Cibatu belum bisa disalurkan bansos PKH nya, karena masih ada beberapa proses yang belum lengkap dari pihak bank penyalur sehingga penyalurannya sedikit tertunda.

“Mudah-mudahan bulan depan masyarakat di 3 Kecamatan yang belum bisa mendapatkan penyaluran bansos PKH di bulan ini bisa segera disalurkan,” ungkap Deni.

Table lokasi dan waktu penyaluran bantuan PKH di Kabupaten Purwakarta selain 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Maniis, Tegalwaru dan Cibatu. (Foto: Red)

Deni menambahkan, di tahun 2017 ini masing-masing masyarakat penerima bansos PKH akan mendapatkan dana Rp. 500 ribu setiap kali penyaluran, dimana dalam 1 tahunnya Pemerintah Pusat melakukan penyaluran bansos PKH sebanyak 4 kali.

“Jadi jika ditotalkan setiap masyarakat penerima PKH mendapatkan bantuan dana bansos yang diperuntukan untuk dana pendidikan dan kesehatan tersebut sebesar Rp. 2 Juta pertahunnya,” tambah Deni. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top