Nasional

Kapolri: Arus Mudik Tahun Ini Akan Lebih Baik Dari Tahun Lalu

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian kemarin, Rabu (07/06/2017) melakukan pemantauan dan pengecekan secara langsung berbagai persiapan dalam menghadapi arus mudik lebaran di Pos Polisi Gerbang Tol (GT) Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Tito mengatakan, setelah tadi Ia melakukan pengecekan langsung serta mendengarkan paparan dan melakukan diskusi, Ia optimis arus mudik lebaran tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Setelah kita lakukan pengecekan langsung baik disini dan di beberapa tempat lainnya, kita optimis arus mudik tahun ini akan lebih baik,” kata Tito kepada para awak media di lokasi, Rabu (07/06/2017).

Tito menjelaskan, beberapa titik kemacetan yang terjadi tahun lalu seperti di Tol Brexit sudah dilakukan pembangunan dan akan langsung terhubung ke Pemalang. Jalur tersebut nantinya akan digunakan dalam arus mudik lebaran nanti secara fungsional yang bisa digunakan bagi kendaraan kecil saja.

“Tahun lalu di Brexit tolnya putus di sana, pada saat masuk ke kota, selain itu ada beberapa persoalan yang membuat macet, seperti adanya pasar tumpah hingga penyempita jalan, dan tahun ini hal tersebut tidak akan terjadi lagi,” jelas Tito.

Tito menambahkan, pada tahun lalu tepatnya di arah selatan dari tol Brexit ada beberapa lintasan Kereta Api dan pasar tumpah.

Ditahun ini, karena adanya pembangunan dan perbaikan insfrastruktur yang dipercepat oleh Pak Presiden, sudah ada tambahan jalan dari Brebes Timur sepanjang 110 Km dan ini akan membuat penguraian arus lalu lintas bisa terjadi.

“Meski demikian, di wilayah Jawa Barat akan terjadi arus kendaraan yang cukup besar dan jika terjadi kepadatan di Brexit, nanti akan diberlakukan pengalihan arus tepatnya di KM 66 Tol Jakarta-Cikampek agar tidak terjadi penumpukkan kendaraan di Brexit,”

Tidak hanya itu, dalam arus mudik tahun ini, Kepolisian bekerjasama dengan beberapa pihak akan membuatkan fasilitas tambahan di sepanjang jalur mudik.

Fasilitas tersebut, seperti pos layanan kesehatan, toilet umum, penjualan bensin kemasan dari Pertamina hingga montir yang standby dan siap membantu pengendara jika mengalami kendala dengan kendaraannya.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat jangan melakukan mudik pada puncak arus mudik yang kita prediksi terjadi pada tanggal 23 hingga 24 Juni. Jika memang sudah bisa libur lebih awal, apa salahnya melakukan mudik terlebih dahulu agar tidak menemui kemacetan,” himbaunya.

Saat melakukan pengecekan persiapan arus mudik tersebut, Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, Dirut Pertamina Elia Massa Manik, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat serta Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Inf Ari Maulana. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top