Bisnis

Launching Mobil Kas Keliling Penukaran Uang, BI Jabar Sediakan Rp. 16,7 Triliun

JABAR NEWS | BANDUNG – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) hari ini membuka acara Launching Mobil Layanan Penukaran Uang Terpadu di Monumen Perjuangan Rakyat, Bandung, Senin (05/06/2017) yang bekerjasama dengan berbagai perbankan di Jawa Barat

“Kami ingin memberikan service excellent untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah yang layak edar bagi masyarakat, saat Ramadhan apalagi mendekati perayaan hari raya Idul Fitri,” ungkap Kepala KPw BI Jabar, Wiwiek Sisto Widayat, saat diwawancarai awak media.

Untuk Jawa Barat sendiri sendiri ungkap Wiwiek, BI Jabar menyiapkan anggaran sebesar Rp. 16,7 triliun atau sekitar 10 persen dari dana yang disiapkan BI Pusat.

“Jadi jangan khawatir, insya Allah kami bisa memenuhi kebutuhan likuiditas masyarakat di Jawa Barat dengan anggaran yang kami siapkan,” ujarnya. 

Untuk layanan kas keliling ini sendiri BI Jabar bekerjasama dengan 13 perbankkan dengan kurang lebih 1200 Kantor Cabang Bank dan 92 PBR yang akan dibuka untuk melakukan penukaran, jadi masyarakat tidak perlu khawatir, pihak BI Jabar menjamin pemenuhan kebutuhan uang rupiah bagi masyarakat baik secara pecahan maupun secara jumlah.

“Untuk penukaran uang sendiri BI Jabar bekerjasama dengan 13 perbankkan dan 92 BPR yang ada di Jawa Barat,” ungkap Wiwiek.

Rencana lokasi dan tempat kas keliling layanan penukaran uang terpadu Ramadhan 2017 BI Jabar. (Foto: Red/bijabar)

Wiwiek mengatakan, dari total Rp. 16,7 triliun ini, sekitar Rp. 15 triliun disediakan untuk pecahan uang besar (20 ribu 50 ribu dan 100 ribu rupiah) dan sisanya uang pecahan kecil Rp. 1,2 triliun dalam pecahan kecil yang tersedia dalam pecahan seribu rupiah hingga 10 ribu rupiah.

“Dari 16,7 triliun, itu 15 triliun dalam pecahan besar dan sisanya pecahan kecil, dan kas keliling ini akan dilakukan hingga menjelang lebaran nanti,” kata Wiwiek.

Penukaran uang ini sendiri tambah Wiwiek akan dilakukan di 13 pasar tradisional dan beberapa tempat keramaian di kota Bandung, juga BI Jabar melayani penukaran uang bagi para pemudik di kas keliling BI Jabar yang dibuka di beberapa rest area diantaranya rest area Purwakarta. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top