Daerah

Sekda Purwakarta: Kades Harus Transparan Perihal Pengelolaan Dana Desa

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Seperti diketahui hingga saat ini, sebagian besar Desa yang ada di Kabupaten Purwakarta sudah melakukan pencairan Dana Desa untuk tahun 2017 dan dipastikan akhir minggu ini, semua sudah menerima dana tersebut.

Dengan sudah dimulainya pencairan Dana Desa itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Padil Karsoma menegaskan kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Purwakarta untuk menggunakan dana tersebut secara transparan.

“Saya minta Kepala Desa transparan dalam pengelolaan Dana Desa,” tegas Padil saat ditemui jabarnews.com saat mengikuti Safari Ramadhan di Desa Sukamaju, Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta, Senin (12/06/2017).

Padil menjelaskan, penggunaan Dana Desa secara transparan adalah sangat penting agar masyarakat mengetahui apa saja item-item pembangunan yang dilakukan pihak desa yang bersumber dari Dana Desa.

Salah satunya, membuatkan papan informasi disetiap lokasi pekerjaan, agar warga desa mengetahui jika pembangunan yang ada di desa menggunakan dana desa.

“Jangan sampai ada pembangunan di desa, warga tidak tahu terkait pekerjaan tersebut,” jelas Padil.

Padil juga berharap, Kepala Desa harus hati-hati dalam mengelola Dana Desa. Jika menemukan hal tidak dimengerti, tidak ada salahnya dan jangan malu untuk bertanya kepada pihak terkait salah satunya kepada jajaran Pendamping Desa yang ada di Kabupaten Purwakarta.

“Jangan sampai dalam pengelolaan Dana Desa para Kepala Desa berbenturan dengan aturan sehingga berurusan dengan hukum,” ungkap Padil.

Sementara itu ditempat terpisah, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif (TA-PP) Kabupaten Purwakarta, Riana Afriadi menambahkan, dalam pengelolaan Dana Desa, warga desa harus dilibatkan agar pembangunan yang dilaksanakan menggunakan Dana Desa memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan warga desa.

“Pelaksanaan pembangunan infrastruktur dari Dana Desa ini harus melibatkan partisipasi warga. Kami dari jajaran P3MD akan melakukan Monev ke desa-desa untuk memastikan hal itu,” tambahnya.

Sebagai penutup, Riana mengatakan tim P3MD tidak akan segan-segan untuk menindaklanjuti apabila ditemukan adanya penyalahgunaan Dana Desa. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top