Daerah

Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Sejak Dini, Kodim 0619 Purwakarta Gelar Pekan Pancasila

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Seperti diketahui, pada tanggal 1 Juni 2017 lalu, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, dan pada hari yang sama Presiden juga menggelar kegiatan yang diberi tema “Pekan Pancasila”.

Adapun tujuan penyelenggaraan Pekan Pancasila adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila serta untuk kembali menarik minat para generasi muda dan seluruh masyarakat terhadap Pancasila sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri bisa dipahami sedemikian rupa.

Seperti halnya di Kabupaten Purwakarta guna mengingatkan kembali amalan dan nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda khususnya pelajar, Kodim 0619 Purwakarta menggelar kegiatan Pekan Pancasila.

“Kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari perintah pimpinan untuk menyelenggarakan Pekan Pancasila di wilayah masing-masing dengan mengusung tema Aku Indonesia, Aku Pancasila,” kata Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Inf Ari Maulana saat dihubungi jabarnews.com, Kamis (08/06/2017).

Ari menjelaskan, Pekan Pancasila harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi setiap orang untuk mengembangkan Pancasila sebagai landasan hidup serta pola pikir, dan jangan sampai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila hanya dijadikan hafalan dalam pelajaran sekolah saja.

Kegiatan Pekan Pancasila di Kabupaten Purwakarta akan dilaksanakan selama 2 hari diseluruh wilayah Purwakarta dari tanggal 8-9 Juni 2017. Untuk hari pertama dilaksanakan terpusat di Gedung Sigrong Purwakarta dengan materi Pancasila dan Kebhinekaan.

“Untuk hari kedua, kegiatan Pekan Pancasila dilaksanakan tersebar di 6 wilayah Koramil dengan kegiatan Kepramukaan dan Outbound,” jelas Ari

Di hari pertama Pekan Pancasila dilaksanakan terpusat di Gedung Sigrong Purwakarta dengan materi Pancasila dan Kebhinekaan, Kamis (08/06/2017). (Foto: Red)

Ari mengungkapkan, dalam kegiatan Pekan Pancasila ini, para pelajar juga mendapatkan wawasan kebangsaan, seperti keberagaman yang ada di Indonesia, baik itu keberagaman budaya, adat istiadat, suku, agama, bahasa yang tersebar dari Sabang hingga Marauke yang bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kendati adanya keberagaman tersebut, sebagai warga NKRI, itu semua tidak menjadi penghalang untuk kita hidup rukun dan damai, sesuai penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” tambah Ari.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Purwakarta, Asep Mulyana, S.Pd., M.Pd., saat ditemui awak media dilokasi kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0619 Purwakarta karena sudah memberikan Wawasan Kebangsaan melalui kegiatan Pekan Pancasila bagi para siswanya.

Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar memang harus diingatkan kembali tentang nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, sehingga nantinya mereka bisa menerapkannya dalam pergaulan sehari-hari.

“Kegiatan Pekan Pancasila ini adalah kegiatan yang sangat positif karena mereka nantinya bisa mengerti dan menghargai ada perbedaan, sehingga bisa menjauhkan terjadinya perpecahan yang bisa menghancurkan bangsa ini,” terang Asep.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Pekan Pancasila yang dilaksanakan Kodim 0619 Purwakarta di hari pertama tersebut, dihadiri setidaknya 1000 peserta, yang terdiri dari para pelajar dan para dewan guru SMAN 1 Purwakarta. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top