Daerah

TMMD Ke-100 Kodim 0619 Purwakarta Akan Wujudkan Mimpi Masyarakat Di Dua Desa

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat yang merupakan suatu kegiatan kerjasama lintas sektoral antara TNI dengan Pemerintah guna membantu percepatan pembangunan disuatu wilayah.

Seperti halnya di Kabupaten Purwakarta, tidak lama lagi Kodim 0619 Purwakarta akan segera melaksanakan kegiatan TMMD ke-100 Tahun Anggaran (TA) 2017 dimana kegiatan yang termasuk dalam Operasi Bakti Kodim 0619 Purwakarta tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

“Jika kita lihat dari rencana awal, pelaksanaan TMMD ini akan dimulai pada bulan Oktober 2017 mendatang,” ujar Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Inf Ari Maulana saat memimpin rapat Koordinasi Teknis persiapan TMMD ke-100 TA. 2017, di Aula Kebhinekaan Makodim 0619 Purwakarta, Selasa (06/06/2017).

Ari menjelaskan, untuk pelaksanaan kegiatan fisik TMMD kali ini, yaitu membangun jalan sepanjang 7,2 KM dan lebar 5 meter di Desa Wanawali Kecamatan Cibatu yang menghubungkan ke Desa Mekarjaya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta.

“Jalan yang akan dibangun nanti menghubungkan dua desa di dua kecamatan yang berbeda,” jelas Ari.

Ari mengungkapkan, dipilihnya lokasi tersebut sebagai sasasaran TTMD ke-100 yaitu, yang pertama berdasarkan hasil survey antara Kodim 0619 Purwakarta dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Purwakarta, Dinas Binamarga dan Pengairan Purwakarta, Muspika Kecamatan Cibatu dan Kiarapedes serta pihak lainnya yang terlibat dalam TMMD.

Selain itu Ari menambahkan, dengan adanya pembangunan jalan tersebut nantinya akan membuka jalan Lintas Timur dan tentunya penetapan lokasi tersebut juga berdasarkan usulan dari Pemerintah Desa Wanawali Kecamatan Cibatu dan usulan dari Desa Mekarjaya Kecamatan Kiarapedes.

“Satu hal yang harus kita ketahui bersama, masyarakat di dua desa tersebut sudah hampir 8 tahun menginginkan jalan yang bagus, dengan adanya TMMD ini, Insya Allah mimpi masyarakat itu akan segera terwujud,” ungkap Ari.

Dalam kesempatan itu juga, Ari selaku Dandim 0619 Purwakarta mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak Pemkab Purwakarta yang sudah memberikan anggaran yang cukup besar dalam pelaksanaan TMMD ke-100 TA. 2017 ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Padil Karsoma yang hadir dalam Rakornis persiapan TMMD ke-100 TA. 2017 mengatakan, Kabupaten Purwakarta cukup banyak memiliki potensi, baik itu bidang pertanian, peternakan serta pariwisata.

“Selain akan memperlancar transportasi baik sebagai sarana penghubung dua wilayah, pembangunan jalan itu juga nantinya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya,” kata Padil.

Padil berharap, sinergitas yang sudah terjalin cukup baik antara Pemkab Purwakarta dan Kodim 0619 Purwakarta bisa terus ditingkatkan, tidak hanya sebatas kegiatan fisik saja, baik itu kegiatan karya bakti, BSMSS, TMMD namun juga bisa bekerjasama dalam berbagai hal yang bertujuan semata-mata untuk membantu masyarakat hingga tarap ekonomi masyarakat bisa meningkat.

“Saya juga meminta kepada selurus aparat Desa dan Kecamatan serta Dinas Instansi yang terlibat dalam TMMD ini untuk memberikan dukungan penuh dan selalu berkoordinasi dengan Pak Dandim, agar TMMD ini bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala dalam pelaksanaannya nanti,” tegas Padil. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top