Nasional

48 Perguruan Tinggi Se-Indonesia Ikuti Kontes Robot Tingkat Nasional 2017

JABAR NEWS | BANDUNG – sebanyak 93 tim dari 48 Perguruan Tinggi se-Indonesia akan mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional 2017.

Kontes tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 6-9 Juli 2017 di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jalan Setiabudhi No 229 Bandung.

Ketua Pelaksana, M Syaom Barliana mengatakan, diselenggarakannya kontes robot ini adalah untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa sebagai pengaplikasian ilmu pengetahuan dan teknologi yang didapat diperguruan tinggi.

“Kontes robot juga untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam mengembangkan bidang teknologi robotika, dan membudayakan iklim kompetisi di lingkungan perguruan tinggi,”ujar Syaom di Bandung, Rabu (05/07/2017).

Syaom menjelaskan, dari 93 tim yang mengikuti kontes tersebut akan dibagi menjadi 5 divisi dengan tema yang berbeda setiap divisinya.

“Divisi KRAI 24 tim, divisi KRPAI Berkaki 21 tim, Divisi KRSBI Humanoid 8 tim, Divisi KRSBI beroda 24 tim dan KRSTI 16 tim,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UPI Prof. Dr. H. Rd. Asep Kadarohman, M.Si., mengatakan dari UPI sendiri ada tiga tim yang mengikuti kontes ini.

“Tim dari UPI yaitu tim kontes robot seni tari, tim kontes robot ABU indonesia, kemudian tim kontes robot sepakbola indonesia (KRSBI) beroda untuk kontes robot tingkat nasional ini tahun ini,” katanya.

Asep menuturkan, keikutsertaan UPI dalam kontes robot ini memang sudah cukup lama dan memiliki jejak yang bagus dimana pada 2014 lalu UPI pernah meraih Juara Dua untuk kontes robot seni tari pada kontes robot nasional.

“Alhamdulillah kami pernah juara, mudah-mudahan tahun ini juga mendapat prestasi yang baik dan kami juga berterimakasih karena UPI sudah dipercaya oleh Kemrestekdikti untuk menyelenggarakan acara ini,” tutupnya. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top