Leisure

Beberapa Cara Alami Tingkatkan Produksi ASI

JABAR NEWS | LEISURE – Sejatinya, Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan dan minuman untuk bayi yang baru saja dilahirkan. Hingga umurnya 6 bulan, bayi baru boleh makan dan minum ASI saja.

Lepas dari itu, ibu baru bisa memberikan makanan pendamping ASI atau MP ASI seperti nasi tim dan bubur lembut. ASI sangat penting bagi kesehatan, kekebalan serta kecerdasan bayi.

Namun, terkadang beberapa ibu mengalami persoalan dalam memberikan ASI mulai seperti kurangnya produksi ASI. Untuk memperlancar hingga melimpahnya produksi ASI, berikut beberapa makanan yang diketahui bisa memperbanyak ASI.

1. Daun Katuk

Daun katuk ini bisa dikatakan sebagai yang pertama terlintas saat melist makanan penambah ASI hingga banyak perusahaan obat yang menambahkan ekstrak daun katuk dalam obat pelancar ASI. Kandungan proteinnya yang tinggilah bermanfaat dalam memperbanyak ASI. Namun, perlu proses memasak yang tepat untuk mengkonsumsi daun ini, karena rasanya yang pahit jika belum matang dengan tepat. Rasa pahitnya inilah yang membuat ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya.

2.Buah Pepaya

Sudah sejak lama buah ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Selain dikonsumsi saat matang, buah pepaya muda yang direbus atau disayur juga dapat menjadi pilihan. Ternyata, semua yang ada dipohon yang bernama latin Carita Papaya ini bisa digunakan untuk memperbanyak ASI.

Dalam buah dan bunganya terdapat vitamin A, C, Kalsium, Asam Folat, dan enzim papain yang bermanfaat membantu proses pencernaan protein. Cairan yang terkandung dalam buahnya sendiri cukup untuk membantu mencukupi kebutuhan memperbanyak ASI. Mengkonsumi buah ataupun sayur pepaya saat hamil dipercaya bagus dalam melancarkan ASI.

3. Bayam

Tanaman ini terkenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, bayam juga kaya akan vitamin B6 yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh untuk bayi. Enzim phytoestrogens yang terkandung dalam bayam juga bermanfaat untuk memproduksi ASI.

4. Labu

Berbagai jenis labu seperti labu botol, labu siam dan juga labu kuning merupakan cara alami yang bisa digunakan untuk meningkatkan ASI. Labu terkenal dengan gizinya yang tinggi serta mudah dicerna oleh usus sehingga menghindarkan dari sembelit. Sama halnya dengan sayuran hijau, labu juga memiliki kandungan zat besi meskipun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan sayuran yang warnanya hijau.

5. Jagung

Mengkonsumsi jagung manis juga baik untuk memperbanyak ASI karena kandungan karbohidrat dan proteinnya. Bahkan, ibu yang bari melahirkan disarankan untuk mengkonsumsi jagung untuk merangsang keluarnya ASI.

Jagung tersebut bisa dijadikan sebagai sup, atau ditumis. Dianjurkan jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya karena dikhawatirkan akan memicu adanya obesitas bagi ibu hamil atau penyebab mual saat hamil. Cukup mengkonsumsinya sebanyak 200 gram per hari.

Selain pasokan gizi seimbang, ibu juga diharuskan sering mengkonsumsi air putih agar menjaga keseimbangan kebutuhan cairan. Kurangnya cairan tubuh berakibat pada rendahnya produksi ASI.

Selain menjaga asupan makanan dan minuman , pola hidup yang sehat dengan istirahat dan hindari stress merupakan langkah sempurna dalam mewujudkan bukti cinta kepada buah hati melalui sehat dan melimpahnya ASI. (Mar)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top