Daerah

Kabupaten Bekasi Masih Membutuhkan Puskesmas Baru

JABARNEWS | KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengaku sampai saat ini masih kekurangan sarana dan prasarana untuk melakukan pelayanan kesehatan. Pasalnya, Kabupaten Bekasi saat ini hanya mempunyai 44 gedung Puskesmas yang tersebar di 23 Kecamatan.

Plt Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Ida Maryanti mengatakan idealnya satu gedung Pusekesmas melayani 30 ribu jiwa. Namun jika dengan jumlah penduduk per tahun 2017 yang semakin tinggi sangat diperlukan penambahan gedung baru disetiap tahunya.

“Dengan jumlah penduduk 3,7 juta jiwa idealnya Kabupaten Bekasi mempunyai 102 gedung Puskesmas,” ujarnya, Rabu (27/07/2017).

Untuk memenunuhi kebutuhan tersebut, Pemkab Bekasi sudah memasukan rencana penambahan gedung Puskesmas sebagai prioritas dalam anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018. Dengan membangun sebanyak 10 gedung yang di tempatkan di wilayah padat pendududuk seperti Kecamatan Tambun Selatan, Cikarang Barat dan Cikarang Selatan.

“Tahun 2018 ada penambahan 10 puskesmas,” jelasnya.

Ida menjelaskan, bertahapnya pembangunan Puskesmas disetiap tahunya, karena terbentur minimnya anggaran dan terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Dinkes. Kendati demikian, kekurangan itu akan dicarikan solusinya.

“Mampunya hanya segitu kerena terbentur anggaran dan minimnya SDM,” ucapnya.

Menurutnya pihak Dinkes sudah berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi. Salah satunya menggandeng semua klinik milik swasta yang ada agar tetap konsisten membantu jika ada masyararat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Apabila klinik swasta tidak patuh pada aturan Dinkes akan diberikan sanksi tegas,” ucapnya.

Ida menambahkan jika dalam 5 tahun Pemkab Bekasi mampu membangun 10 Puskesmas baru, maka untuk mencapai kata ideal Kabupaten Bekasi perlu waktu 25 tahun untuk memiliki 102 Puskesmas.

“Setiap 5 tahun Insya Allah tambah 10 Puskesmas. Karena itu sudah menjadi program prioritas Bupati Bekasi saat ini,” tambahnya. (Yah)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top