Daerah

Pawai Seni & Budaya Ramaikan Festival Cianjur Jago

JABARNEWS | CIANJUR – Ribuan warga Cianjur berkumpul sejak pagi di sepanjang kota untuk menyaksikan dan mengikuti Helaran Budaya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Cianjur Ke 340 Tahun, Sabtu (15/07/2017).

Seusai menunaikan solat subuh berjamaah di masjid Agung, terlihat Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar mulai menyalakan petasan lodong sebagai pertanda acara dimulai.

Dalam festival tersebut orang nomor satu di Cianjur itu mulai berarak-arakan menaiki kereta kencana berasama sang istri Ratu Elisye yang diikuti oleh rombongan pejabat dilingkungan Pemkab Cianjur dan dimeriahkan oleh sejumlah atraksi kesenian budaya lokal Cianjur.

Sorak-sorai kegembiraan tergambar dari wajah masyarakat yang menonton langsung perhelatan festival Cianjur Jago tersebut.

“Luar biasa seru dan unik, selain Ngaos, Mamaos dan Maenpo yang kita ketahui dari budaya Cianjur, ternyata masih banyak hasil bumi dan kereatifitas seniman Cianjur dari berbagai daerah dapat kita lihat disini,” ungkap Dian salah seorang remaja yang menonton dilokasi gelaran budaya

Warga memang sangat berharap momentum seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun. Selain mendekatkan Bupati dengan warganya, gelaran budaya akan lebih mempopulerkan potensi daerah kepada khalayak banyak.

“Semoga Cianjur lebih maju, selain masyarakat dapat terhibur, Bupati Cianjur juga bisa lebih dekat dengan masyarakat dan bersama-sama memajukan Cianjur lebih maju dan agamis,” tutur Dian.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Cianjur. M.Yeyen Rohyanda Wargadisastra menjelaskan, pertunjukan gelaran budaya Cianjur Jago ke 340 mampu memanjakan warga Cianjur. Pagelaran budaya dari 32 kecamatan dan arak-arakan atraksi seni dan mobil hias mewarnai gelaran budaya.

“Kedepanya moment seperti ini akan terus ditingkatkan dan lebih baik lagi.12 Juli akan dibakukan sebagai tanggal Hari Jadi Cianjur dan akan kami daftarkan hingga tingkat nasional,” jelasnya. (Wan)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top