Jurnal

Sejumlah Fakta Tentang Taj Mahal

JABAR NEWS | JURNAL – India emang terkenal dengan kisah cinta romantis ala Bollywood. Aktor-aktornya yang ganteng emang bikin yang lihat jadi terpana. Tak terkecuali sama ibu-ibu Indoneia yang demen banget lihat serial India akhir-akhir ini.

Berikut ini ada beberapa fakta yang mengagumkan dari salah satu bangunan yang ada di India yang acap kali dilihat menjadi lokasi syuting film.

Dilansir dari epizone.id, salah satu bangunan keajaiban dunia ini ternyata menyimpan fakta dan cerita yang misterius. Berbanding terbalik dengan cerita cintanya yang mendunia. 

1. Dibangun Dengan Sangat Simetris

Taj Mahal

Taj Mahal dibangun dengan sangat simetris. Itu bisa lihat di ilustrasi, bahwa semua menara, dinding, kamar dan bahkan kebunnya memiliki bentuk simetri yang sempurna. Hanya makam raja, Shah Jahan, dan ratu, Mumtaz Mahal tidak simetris. Makam raja agak tinggi dari pada ratu.

2. Ajaibnya, Warnanya Bisa Berubah

Taj Mahal

Saat pagi hari, Taj Mahal akan terlihat berwarna merah muda dan berwarna kuning pada siang hari. Ajaibnya nih, saat malam hari warnanya akan berubah menjadi putih susu di sore dan keemasan di malam hari. Banyak yang percaya bahwa perubahan warna ini menyerupai perubahan mood seorang wanita, sesuai dengan tujuan dari pembangunan Taj Mahal yaitu untuk istri Shah Jahan.

3. Menara Yang Miring

Taj Mahal

Tidak seperti Menara Pisa yang miring karena kesalahan perhitungan, 4 menara Taj Mahal emang sengaja dibuat miring. Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan saat terjadinya gempa.

4. Tulisan Kaligrafi

Taj Mahal

Di luar dan dalam bangunan ini terdapat lukisan kaligrafi 99 nama Allah yang nggak boleh dilewatkan sama pengunjung. 

5. Ada Jalan Rahasia

Taj Mahal

Kabarnya banyak lorong dan jalan rahasia di dalam bangunan Taj Mahal. Tapi sayangnya banyak lorong yang udah disegel.

6. Adanya Aliran Air Misterius

Taj Mahal

Taj Mahal punya aliran air kecil di dalamnya. Air tersebut terus mengalir masuk, tapi yang jadi misteri nggak ada yang tahu sumbernya dari mana.

7. Bangunan Yang Jadi Konflik Agama

Taj Mahal

Di India, bangunan ini malah jadi konflik antar agama. Banyak orang mengatakan bahwa pada awalnya Taj Mahal adalah kuil Dewa Siwa. Dan ada sebuah ruangan yang disegel yang disinyalir memiliki patung Siwa. Tapi, karena pemerintah tidak ingin ada konflik lagi, ruangan yang tersegel tersebut sampai saat ini masih tertutup rapat.

8. Ilusi Optik

Taj Mahal

Saat kamu mendekat ke pintu masuk, bangunan Taj Mahal akan terlihat lebih kecil. Tapi saat kamu berjalan menjauh, maka bangunan itu akan tampak itu tumbuh lebih besar. Kata seorang pemandu wisata, saat seseorang pergi meninggalkan Taj Mahal, maka dia akan membawa Taj ke dalam hatinya. Ihh so sweet bener ya.

 
9. Selain Taj Mahal, Shah Jahan Ternyata Berencana Membangun Bangunan Lain

Taj Mahal

Banyak yang percaya bahawa Shah Jahan berencana membangun Taj Mahal lain di sisi lain sungai Yamuna. Bangunan tandingan Taj Mahal tersebut nantinya akan dibangun dengan marmer hitam dan dihubungkan dengan jembatan. Tapi, karena Shah Jahan terlibat perang dengan anaknya, Aurangzeb, maka rencana tersebut jadi tak terlaksana.  

Itulah sekelumit fakta menarik dari bangunan lambang cinta legendaris Taj Mahal. Buat yang pengen kesana, pahami cerita dan sejarahnya. Jadi nggak Cuma foto selfie aja yang bisa dibawa pulang tapi pengetahuan juga bakal bertambah. (*)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top