Daerah

Terbitnya Perppu Tentang Ormas Adalah Langkah Maju & Sikap Politik Tegas Pemerintah

JABAR NEWS | BANDUNG – Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Barat (Jabar) mengapresiasi langkah pemerintah menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Ormas. Penerbitan Perppu ini sebagai langkah maju dan sikap politik tegas pemerintah dalam menyikapi gerakan kelompok tertentu yang mengancam eksistensi ideologi Pancasila dan kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Ketua PW GP Ansor Jabar Deni Ahmad Haidar menjelaskan, Gerakan Pemuda Ansor, dalam konteks kepatuhan ideologi situasi kebangsaan saat ini cukup mengkhawatirkan dengan munculnya sebagian kelompok yang secara terbuka melakukan kampanye dan propaganda ditengah masyarakat untuk mengganti ideologi dan system kenegaraan yang telah menjadi konsensus para pendiri bangsa.

“Dalam konteks demokrasi dan HAM yang dijadikan dalih penolakan penerbitan Perppu oleh sebagian kalangan, justru patut dipertanyakan komitmen ideologis mereka terhadap ideologi bangsa,” bebernya, Jum’at (14/07/2017).

Pria yang juga Ketua KPU Purwakarta tersebut menjelaskan, rongrongan terhadap ideologi Pancasila ini bukan lagi dalam konteks individual, namun sudah sangat sistematis dan terorganisir, baik yang legal dengan terdaftar di pemerintahan maupun yang terselubung gerakan bawah tanah, merambah berbagai sendi sosial dan institusi publik, seperti sekolah, Perguruan Tinggi, berkedok lembaga pendidikan maupun amal sosial.

Sepatutnya organisasi apapun yang ingin hidup di Indonesia memiliki komitmen dan kepatuhan terhadap ideologi bangsa. Sungguh ironis, pada satu sisi ada organisasi ingin mendapat pengakuan dan perlindungan untuk hidup di Indonesia, namun disisi lain melakukan pengkhianatan dan merongrongnya bahkan ingin mengubah tatanan dan system bernegara.

“Penerbitan Perppu ini harus kita pandang sebagai upaya penguatan kembali kedaulatan ideologi bangsa dalam bernegara,” jelasnya.

Dalam situasi krisis ideologi saat ini, GP Ansor sebagai anak kandung Nahdlatul Ulama  (NU) yang turut berjuang mendirikan Republik ini dan menyepakati konsensus nasional, berharap Pemerintah secara serius untuk memperkuat ideologi bangsa terutama dikalangan generasi muda.

“Kami juga berharap, dengan terbitnya Perppu ini pemerintah dapat menindak tegas kelompok manapun yang secara sah dan terbukti melakukan tindakan merongrongrong ideologi bangsa” harapnya.

Sebagai penutup, sebagai Ketua PW GP Ansor Jabar Deni Ahmad Haidar mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengawasi implementasi Perppu tersebut sehingga tidak terjadi penyalahgunaan dan mengajak warga masyarakat kembali pada Pancasila. (Had)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top