Daerah

Tugas Mulia Anggota Polisi Di Momen Idul Fitri

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Melindungi, Mengayomi dan Melayani masyarakat adalah moto yang dipegang oleh jajaran anggota Polri. 3 ungkapan yang menjadi tugas anggota Polri tersebut sangat dirasakan masyarakat Indonesia disaat-saat seperti ini, yaitu ketika umat islam sedang merayakan hari raya Idul Fitri.

Saat ini, anggota Polri termasuk dalam jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), kendati demikian setiap musim mudik lebaran ASN yang satu ini tidak akan menikmati liburan ataupun cuti bersama yang ditetapkan pemerintah.

Pasalnya jajaran ASN ini tetap bekerja dan terkesan bekerja melebihi hari-hari biasanya, untuk selalu hadir serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, hingga mengatur ketertiban lalulintas pemudik agar berjalan lancar.

Seperti di Kabupaten Purwakarta, jajaran Polres Purwakarta yang saat ini dipimpin AKBP Hanny Hidayat selaku Kapolres Purwakarta terlihat sudah mulai memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya untuk arus mudik dan keamanan di jalan raya sudah dari jauh hari sebelum Idul Fitri.

Salah satu pemudik asal Pulau Sumatera, Dedi (37) mengatakan, sepanjang jalan dari pulau Sumatera tempat ia mencari nafkah hingga sampai di Kabupaten Purwakarta yang merupakan kota kelahirannya, ia mengaku sangat kagum dengan anggota Polri, kendati sebagian besar pegawai negeri dan pegawai swasta sedang menikmati liburan Idul Fitri, anggota Polisi tetap bekerja untuk mengatur lalulintas agar pengendara bisa sampai ditujuan dengan selamat.

“Jujur, saya sangat berterima kasih dengan anggota Polisi, jika bukan karena mereka yang bertugas selama 24 jam di jalan raya, saya nggak kebayang gimana jadinya saya dan para pengendara lainnya bisa tiba di kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga,” ungkap Dedi, Jum,at (30/06/2017).

Dedi menuturkan, kendati mengatur lalulintas dan menjaga keamanan adalah tugas anggota polisi, namun disaat Idul Fitri mereka tetap ikhlas menjalankan tugas dan harus mengorbankan kepentingan pribadi demi keselamatan dan kenyamanan para pemudik.

“Anggota Polisi harus menunda berkumpul bersama keluarga di hari lebaran demi menjalankan tugas mereka, tugas yang mereka jalankan selama Idul Fitri bisa dikatakan tugas yang mulia, anggota Polisi adalah pahlawan di Idul Fitri” tutur Dedi.

Hal senada yang dikatakan Beti (28) warga Kecamatan Sukatani, selama Idul Fitri, Ia bersama suami dan kedua anaknya berkunjung ke rumah sanak saudara dan mendatangi beberapa tempat rekreasi yang ada di Purwakarta, selama dalam perjalanan ia selalu melihat anggota polisi yang bertugas mengatur lalulintas kendati di hari lebaran.

“Benar om, saya sangat berterima kasih dengan anggota polisi kita, kendati sekarang masih suasana lebaran, anggota Polisi masih tetap bertugas dan di tempat rekreasi pun anggota polisi juga ada untuk menjaga keamanan,” tambah Beti.

Seperti diketahui, saat musim mudik lebaran Idul Fitri ini, baik dalam arus mudik hingga arus balik para pemudik, jajaran anggota Polri menggelar Operasi Ramadniya Lodaya 2017 dalam menghadapi musim mudik dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Selain mengamankan pemudik, polisi juga harus mengamankan tempat ibadah hingga pusat keramaian, stasiun, pelabuhan, terminal dan bandara. Polisi juga harus mengamankan kegiatan masyarakat yang berlangsung selama Idul Fitri, di antaranya seperti aktivitas mudik hingga pelaksanaan salat Idul Fitri.

Jajaran kepolisian juga harus menjaga keamanan untuk mengantisipasi kerawanan kamtibmas seperti kejahatan jalanan hingga aksi terorisme. Diharapkan, selama momen tersebut, kegiatan masyarakat berjalan dengan tertib dan lancar. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top