Daerah

Hidata Purwakarta Ajak Generasi Muda Untuk Menyukai Pertanian

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Himpunan Pemuda Tani (Hidata) Kabupaten Purwakarta, merupakan wadah yang tepat bagi generasi muda yang ingin mendapatkan informasi dan belajar seputar pertanian.

Kendati beranggotakan anak-anak muda, semua anggota Hidata tidak merasa malu ataupun gengsi dalam bercocok tanam.

“Alhamdulillah saat ini anggota Hidata terus bertambah, bahkan bukan hanya berasal dari pemuda di Purwakarta. Anggota kita ini ada yang berasal dari Kabupaten Karawang, Subang, Karawang, Tasikmalaya, Bandung, Bogor, hingga Kabupaten Serang,” kata Wakil Ketua Hidata Purwakarta, Uus Ruhendi, Selasa (29/08/2017).

Uus menjelaskan, setiap harinya anggota Hidata selalu melakukan monitoring kepada setiap anggotanya yang sudah bercocok tanam.

Selain itu, anggota Hidata juga setiap harinya memberikan informasi tentang pertanian kepada puluhan petani sebagai petani binaan.

“Saat ini, kita lebih fokus pada tanaman Hortikultura. Seperti mentimun, cabai, tomat, kacang panjang dan jenis lainnya,” jelas Uus.

Dalam melakukan pembinaan, selain langsung turun ke lahan petani binaan, Hidata juga memiliki lahan yang dijadikan sebagai lokasi untuk bercocok tanam. Baik lahan sendiri maupun lahan milik orang lain yang kita sewa.

“Untuk pendanaan kita menggunakan dana pribadi dan iuran dari anggota. Alat pertanian kita juga sudah ada walaupun dengan jumlah yang terbatas hasil dari uang kas selama ini,” ungkap

Uus menambahkan, berbagai ilmu pertanian yang anggota Hidata dapatkan selama ini dari beberapa sumber. Seperti dari senior Hidata yang telah sukses dalam bidang pertanian dan juga berbagai pengetahuan dari pihak Dinas Pertanian sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang membantu Hidata.

“Pintu kita selalu terbuka bagi generasi muda yang ingin bergabung menjadi anggota Hidata. Untuk sekretariat Hidata sendiri berada di Kampung Babakan Aso, Desa Taringgul Tengah, Kecamatan Wanayasa,” tambah Uus. (Had)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top