Daerah

Pemuda Di Purwakarta Siap Berperan Dalam Pembangunan Desa

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Hingga hari ini, perwakilan pemuda dari setiap desa di Purwakarta mengikuti Workshop Kepemudaan yang digelar oleh Kemendes PDTT.

Seperti diketahui, kegiatan ini sebelumnya dibuka langsung oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di hari pertama. Dimana Workshop Kepemudaan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu dari tanggal 11 hingga 13 Agustus 2017.

Tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan bekal atau ilmu kepada para pemuda di Purwakarta untuk berperan aktif dalam pembangunan di desanya masing-masing.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Kemendes PDTT Bambang Widiyatmiko, saat ditemui, Minggu (13/08/2017).

“Ada 100 pemuda yang menjadi peserta. Selama 3 hari mereka kita berikan berbagai materi dan pengetahuan. Setelah dari sini mereka sudah siap berperan aktif di desanya masing-masing,” kata Bambang.

Bambang menjelaskan, materi yang didapatkan para pemuda sebagai peserta workshop diantaranya, aturan maupun kebijakan pemerintah pusat hingga pemerintah desa.

Peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara pengelolaan Badan Usaha Miliki Desa (Bumdes) agar bisa berkembang. Serta memberikan cara pemanfaatan media sosial untuk pembangunan dan mempromosikan desa agar dikenal banyak orang.

“Di hari terakhir ini, para peserta mendapat motivasi guna menumbuhkan semangat untuk berperan serta dalam pembangunan di desa dari seorang motivator muda,” jelasnya.

Kepada para peserta Bambang berharap setelah mengikuti Workshop Kepemudaan ini, semua pengetahuan yang diperoleh para peserta dapat diterapkan di desa masing-masing.

Salah satunya turut menyumbangkan ide tentang pembangunan melalui Musyawarah Desa. Serta berperan aktif dalam pengelolaan dana desa hingga pengelolaan Bumdes nantinya.

“Kita ingin setiap pemuda di Purwakarta dengan segala pengetahuan dan keinginannya mampu menciptakan inovasi untuk mengelola potensi desa. Dengan demikian, desa akan mampu menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru,” ungkap Bambang.

Sebagai penutup Bambang menambahkan, Workshop Kepemudaan ini salah satu program Kemendes PDTT melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan menyelenggarakan peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia masyarakat desa. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top