Bisnis

Pemerintah Jawa Barat Dukung Penuh Penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Bank Indonesia

JABAR NEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mendukung penuh penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang dilaksanakan oleh Bank Indonesi untuk memperkenalkan produk-produk syariah kepada masyarakat luas.

Aher sapaan akrab orang nomor satu di Jawa Barat ini berharap penyelenggaraan FESyar ini dapat menjadi spirit untuk meningkatkan ekonomi berbasis syariah.

“Kita menyambut baik festival ekonomi syariah tentu dengan semangat syariah sangat diperlukan masyarakat kita khususnya di Jawa Barat dan mudah-mudahan ini jadi spirit untuk berekonomi, berniagara, untuk berindustrialisasi berbasis syariah,” ujar Aher, Rabu malam (13/09/2017).

Ia mengungkapkan, ekonomi syariah merupakan sistem inklusif yang berlaku bagi semua pihak meskipun semangat awalnya berasal dari agama Islam.

“Karena apapun dalam perekonomian kita pada hari ini tetap sistem-sistem yang dikenal umum, yang nilainya universal itu tetap berlaku bagi semuanya,” ungkapnya.

Aher menuturkan seluruh masyarakat khususnya umat muslim harus bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sehingga perekonomian syariah dapat terus berkembang seiring perkembangan dan kebutuhan manusia dari waktu ke waktu.

Dengan posisi Jawa Barat saat ini yang menempati posisi ke dua dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia setelah DKI Jakarta, Aher menilai hal tersebut cukup menggembirakan.

“Kita terbesar kedua setelah DKI Jakarta dalam keuangan syariah, nomor 2 itu sepuluh persen.
Jadi kalau ada industri perbankan di Jawa Barat baik industri keuangan bank ataupun non bank maka 10 persennya syariah,” terangnya.

Aher berharap peningkatan ekonomi syariah di Jawa Barat akan lebih besar lagi namun yang paling penting menurutnya hasil dari perekonomian tersebut dapat mensejahterakan rakyat.

“Mudah-mudahan peningkatannya kedepan bisa lebih besar yang penting dampaknya bermanfaat bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Seperti diketahui festival ekonomi syariah ini diselenggarkan oleh Bank Indonesia untuk mewujudkan Jawa sebagai poros pemberdayaan ekonomi syariah nasional. FESyar ini dilaksanakan selama tiga hari sejak hari Rabu hingga Jumat (13-15 September 2017) bertempat di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top