Daerah

Selain Jokowi, Raja & Sultan Berbagai Daerah Akan Menghadiri FKN di Kota Cirebon

JABAR NEWS | KOTA CIREBON – Kota Cirebon telah siap menyambut para tamu yang akan mengikuti Festival Keraton Nusantara (FKN) XI tahun 2017.

Sedikitnya 10 ribu peserta yang terdiri dari ratusan raja dan sultan se-Nusantara bahkan Brunai dan Malaysia dijadwalkan akan mengikuti FKN yang akan diawali dengan Welcome Dinner di Taman Air Goa Sunyaragi, hari ini Jumat (15/09/2017) malam.

“Secara umum persiapan sudah rampung. Tinggal memoles saja,” kata Walikota Cirebon, Drs. Nasrudin Azis saat ditemui disela pengecekan persiapan, Kamis (14/09/2017).

Azis menjelaskan, polesan yang dimaksudnya itu di antaranya menghias panggung dengan nuansa budaya dan keraton yang ada di Indonesia. Selain itu, seluruh persiapan, dinilainya, sudah siap.

“Ada 113 kerajaan se-Nusantara yang akan menghadiri FKN di Kota Cirebon pada 15-19 September 2017. Bahkan, penutupan kegiatan itu rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),” ungkapnya.

Sementara itu, Sultan Sepuh XIV dari Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief  Natadiningrat, menjelaskan ajang FKN menjadi sarana untuk mempererat silaturahim dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pasalnya, para peserta yang datang berasal dari berbagai suku dan agama.

“Kendati berasal dari berbagai daerah juga agama, kita tetap satu, yaitu Indonesia,” tegas Sultan.

Kota Cirebon menjadi tuan rumah FKN untuk yang kedua kalinya setelah 20 tahun berlalu. Dalam FKN akan dilaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya peluncuran portal keraton se-Nusantara.

Portal yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan keraton se-Nusantara itu berisi sejarah dan budaya dari setiap Keraton/Kerajaan yang ada di Nusantara. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top