Leisure

Universitas Sangga Buana Siapkan Galery UMKM Bagi Para Mahasiswa

JABAR NEWS | BANDUNG – Universitas Sangga Buana (USB) menyiapkan galeri UMKM bagi para mahasiswanya untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

“Kami sudah mresmikan galeri UMKM inkubator bisnis sanggabuana itu ada bagian kami dan juga masyarakat sekitar untuk silahkan itu display dan kemudian melakukan transaksi online di kampus,” ujar Rektor USB, Asep Effendi saat diwawancara, Sabtu (16/09/2017).

Ia menuturkan hal tersebut sebagai langkah yang dilakukan USB untuk mulai merubah paradigma mahasiswa untuk menjadi lulusan yang mandiri.

“Sangga Buana harus menjadi perguruan tinggi yang mulai berani untuk memulai paradigma mengubah paradigma lama dari job seeker menjadi kreator ini harus dirubah karena peta pembangunan juga tidak selamanya supply tenaga kerja yang terjadi sekarang bisa terserap pembangunan infrastruktur,” ujar

Ia mengatakan, secara bertahap pihaknya sudah menerapkan program perkuliahan kewirausahaan secara terstruktur kepada mahasiswa.

“Kami secara bertahap sudah mengimplementasikan itu melalui program program perkuliahan mata kuliah kewirausahaan atau enterpreneur itu diajarkan kepada setiap matakuliah yang berkaitan dengan profesi,” ucapnya.

Selain itu, USB juga mendapatkan 50 ribu domain baru bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreatifitasnya terutama dalam bidang kewirausahaan.

“Kami juga mendapatkan hibah dari kemkominfo sebanyak 50.000 domain baru jadi mahasiswa baru kami yang sebanyak 1000 orang ini akan kita minta membuat web kalau dia punya produk bisa dipasarkan di sini selama setahun gratis,” tuturnya.

Ia menuturkan pemberian domain gratis dari pemerintah ini merupakan hal yang positif sehingga bagaimana perguruan tinggi dapat mengoptimalisasi program pemerintah tersebut.

“Kalau dilihat dari regulasi yang ada dari pemerintah sudah sangat positif tinggal Bagaimana kami dari sanggar Buana memanfaatkannya, kita giring mahasiswa untuk berpikir konsep bekerja berjiwa entrepreneur jadi dia bekerja tapi nanti dia ada kreativitas ada inovasi ada kemauan berubah itu yang kita harapkan,” tutupnya. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top