Daerah

Bunda Fifi Hadiri Sedekah Bumi Pedati Gede Pekalangan

JABAR NEWS | KOTA CIREBON – Pekalipan, Pekalangan Selatan menggelar sedekah bumi, do’a bersama, serta pertunjukan wayang yang digelar setiap tahunnya pada bulan muharam. Tradisi tersebut untuk menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Majlis Ta’lim Baitul Ilmi Hj. Fifi Sofiah Effendi (Bunda Fifi), perwakilan Keraton Kanoman, perwakilan DKOKP Pemerintah Kota Cirebon, sesepuh masyarakat, serta seluruh masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, Bunda Fifi memberikan bantuan baik berupa materi maupun pembagian sembako kepada masyarakat sehingga acara bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah situs Pedati Gede Pekalangan masih dilestarikan dengan baik. Mari untuk bersama-sama menjaga dan merawat peninggalan-peninggalan zaman para Wali,” kata Bunda Fifi, kepada para awak media, Jum’at (20/10/2017).

Bunda Fifi mengungkapkan Pedati Gede ini konon ditarik oleh seekor kerbau bule. Kemudian usia pedati gede sudah ratusan tahun, dimana sebelum rumah masyarakat ada, pedati sudah ada.

Dirinya berharap Pemerintah Kota Cirebon terus memperhatikan situs-situs yang bisa berpotensi sebagai tempat wisata yang bisa membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar dan menambah PAD Kota Cirebon

“Pedati Gede miliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan pariwisata dan perekonomian Kota Cirebon, khususnya warga masyarakat Pekalangan. Mari kita bersama menjaga situs ini dengan baik,” tuturnya

Sementara itu, kuncen situs Pedati Geden, Taryi mengatakan setiap bulan Muharam ataupun syuro di lokasi itu banyak dilaksanakan do’a bersama dengan para sesepuh pekalangan serta pertunjukan wayang kulit.

Acara tersebut guna memberikan untuk bermunajat kepada Allah SWT agar Cirebon dijauhkan dari segala bencana

“Kegiatan ini terus dilestarikan setiap tahunnya tanpa berhenti. Semoga allah SWT memberikan ridhonya dan keberkahan untuk Kota Cirebon,” ujarnya

Hal senada diucapkan Ketua RW 05 Pekalangan Selatan, Dasuki. Dirinya beserta masyarakat selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan. Oleh karena itu, dengan adanya Pedati Gede di Pekalangan, bisa terus dijaga dan dilestarikan sehingga nilai budaya yang ada bisa terus dipertahankan.

“Terimakasih kepada Bunda Fifi yang telah membantu mensukseskan acara rutin tahunan di Pekalangan, semoga semuanya berjalan lancar,” ucapnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top