Daerah

Dedi Mulyadi Berhasil Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk di Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Purwakarta hingga kini mencapai angka 932 ribu juwa. Hingga tahun 2016, laju pertumbuhan penduduk di Purwakarta tak pernah lebih dari 5%.

Hal ini menunjukkan bahwa Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi berhasil mengontrol kendali laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Purwakarta dengan baik.

Salah satu contohnya, dalam lima tahun terakhir, pada awal periode kedua kepemimpinan Dedi di tahun 2012, jumlah penduduk Purwakarta ‎mencapai 882.799 jiwa.

“Sesuai data yang ada, kenaikan jumlah penduduk tiap tahun sejak lima tahun terakhir tidak pernah lebih dari 15 ribu jiwa. Itu artinya, laju pertumbuhan penduduk terkendali, dengan baik” kata Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Hendra Fadly, Jumat (06/10/2017).

Hendra menilai salah satu capaian tersebut karena Kang Dedi (sapaan akrab Dedi Mukyadi) rajin menekankan soal keikutsertaan warga pada program Keluarga Berencana (KB) bagi masyatakatnya.

“Diantaranya program Gempungan dalam pelaksanaannya pemerintah datang langsung ke setiap desa untuk memberikan pelayanan KB dan pelayanan publik lainnya,” ucap Hendra.

Selain itu, berdasarkan data Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak Purwakarta menyebutkan, ‎ hingga 2016 tercatat sebanyak 66 ribu warga menjadi peserta KB dengan menggunakan sejumlah jenis alat kontrasepsi berupa IUD, MOW, MOP, kondom, implan, suntikan, pil dan PUS.

Pemkab Purwakarta, juga telah menyiagakan petugas pelayanan KB di seluruh kecamatan di Purwakarta dengan jumlah petugas yang mencapai 47 orang.

“Kita berharap jumlah peserta KB terus bertambah dengan program yang terus dijalan saat ini,” harapnya. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top