Smartcity

Hari Ini Anggota Komda Lansia Kota Bandung Dilantik

JABAR NEWS | BANDUNG – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan  Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia), di Balai Kota Bandung, Selasa (31/10/2017).

Komda Lansia dibentuk sesuai dengan Keputusan Presiden tahun 2004, yang fungsinya mampu menyatukan seluruh SKPD untuk memberikan bantuan dan perhatian kepada lansia.

Kepala DP3APM Kota Bandung, Asep Supandi mengatakan, bahwa hadirnya Komda Lansia berangkat dari keprihatinan Pemerintah Kota Bandung terhadap fertilitas lansia yang rendah.

“Angka harapan hidup warga Indonesia semakin tinggi tetapi angka fertilitasnya rendah. Angka harapan hidup semakin tinggi tetapi angka keinginan untuk hidup semakin rendah,” kata Asep saat diwawancara awak media, Selasa (31/10/2017).

Menurutnya, fertilitas yang rendah merupakan faktor dari tingkat stress dari dampak post power syndrom. Faktornya karena sudah tidak ada lagi pekerjaan, dulu ada jabatan, sekarang sudah tidak ada jabatan. Tidak ada lagi yang perhatian dan ini yang membuat angka keinginan hidup rendah.

Salah satu tujuan Rakor Komda Lansia adalah sebagai usaha untuk mensejahterakan lansia di Kota Bandung.

“Ini yang menjadi fokus Pemerintah Kota Bandung, bagaimana caranya membuat kegiatan keberpihakan kepada lansia,” terangnya.

Ia berharap dengan dilantiknya anggota Komda Lansia pada hari ini dapat memberikan kontribusi untuk mendukung Bandung sebagai Kota Ramah Lansia. Seluruh Kepala Dinas pun sudah dibagikan sebuah buku hasil dari Kongres Lansia.

“Isi buku tersebut adalah keinginan-keinginan lansia yang belum tersampaikan. Nanti 2018 kita berharap apa yang belum terealisasi, bisa terealisasi dengan program ini,” ucap Asep. (Ted)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top