Polhukam

Hasil Survei LSI: RK Bertengger Diatas Kandidat Bakal Calon Lainnya Untuk Pilgub Jabar

JABAR NEWS | BANDUNG – Dalam hasil survei terbaru yang dirilis Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI Network Denny JA) bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) konsisten berada diatas kandidat calon lain dalam berbagai simulasi meski elektabilitasnya masih berada di bawah angka 50 persen.

“Elektabilitas RK memang konsisten calon lain namun belum dikatakan “perkasa” karena belum mampu menembus angka diatas 50 persen apalagi 60 persen,” ujar Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI/Denny JA, Toto Izul Fatah , saat memaparkan hasil surveinya, Sabtu (07/10/2017).

Ia mengatakan RK belum dikatakan perkasa karena dalam imulasi 8 calon misalnya RK harus puas berada dalam posisi (29,6%) disusul Dede Yusuf (24,0%) Deddy Mizwar (19,0%), Dedi Mulyadi (11,1%), Uu Ruzhanul Ulum (7,1%), Rieke (5,2%) dan yang laiinya dibawah 1%

Sementara untuk simulasi 5 calon RK (32%), DY (24,8%), Demiz (19,5%), DM (12,9%) dan Uu (7,8%) dan untuk simulasi 4 calon Ridwan Kamil menempati angka (34,2%), Dede Yusuf (28,3%), Deddy Mizwar (21,6%) dan Dedi Mulyadi (13,7%).

Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa dukungan dari aneka segmen mulai dari suku, agama, pemilih partai, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, usia dan jenis kelamin seluruh calon yang akan bertarung belum ada yang kokoh disemua segmen.

“Dari pengalaman kami (LSI) melakukan survei, dukungan yang merata di semua segmen itu biasanya sering menjadi indikator kuatnya calon,” ujar Toto.

Selain itu, Toto mengungkapkan indokator lain untuk melihat seberapa potensial seorang calon untuk menang dalam pilkada adalah adanya tingkat strong supporter (pemilih militan) yang tinggi.

“Dalam hasil survei kali ini untuk Pilgub Jabar saat ini, pemilih militan seluruh calon masih berada di bawah 20% sementara diluar pemilih militan masih ada sekitar 52 persen pemilih yang masih ragu menentukan pilihan bahkan mungkin sudah punya pilihan tapi masih sangat mungkin berubah yang tentu saja ini 52% “Lahan tak bertuan” ini dapat diperoleh siapa saja yang bisa mengambil suara tersebut dan dapat dipastikan dia akan menang,” terangnya.

Berdasarkan hasil survei tersebut dapat dikatakan bahwa seluruh kandidat bakal calon masih memiliki peluang yang sangat besar untuk meraih suara menjadi Gubernur Jawa Barat. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top