Daerah

Melalui TIEC, Pemkot Tasikmalaya Dorong Industri Kreatif Go Internasional

JABAR NEWS | KOTA TASIKMALAYA – Dari kegiatan Tasikmalaya Invesment Exhibition Conference (TIEC), Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya mendorong industri kreatif Go Internasional ke sejumlah negara sahabat. Pasalnya Kota Tasikmalaya sangat banyak memiliki potensi kuat di bidang tersebut.

Hal tersebut dikatakan Walikota Tasikmalaya Budi Budiman, dimana ia akan mendorong daya ekonomi, salah satunya melakukan kerjasama dengan sejumlah negara lain.

“Kita punya potensi industri kreatif seperti bordir, mendong, dan lainnya. Termasuk kekayaan kuliner dan sektor pertanian,” kata Budi, Senin (16/10/2017).

Budi mengaku sudah mulai bekerjasama dengan Jerman terkait pengembangan industri bordir. Rencananya, akan ada dua orang yang diberi pelatihan oleh pihak Jerman.

“Salah satu hal yang akan ditingkatkan dalam industri bordir adalah desainnya. Jerman punya kelebihan teknologi dan desain modelnya,” ucapnya.

Pihaknya juga akan mencoba menjalin kerjasama dengan sejumlah negara Timur Tengah, salah satunya memperluas pemasaran baju gamis.

Dengan tembusnya produk industri kreatif ke luar negeri. Artinya, para pengrajin Tasikmalaya sangat dibutuhkan dan punya daya saing.

“Kita juga sudah mulai kerjasama dengan Singapura untuk industri mebel. Untuk kedepannya akan menggandeng negara-negara yang banyak menggunakan jasa para pengrajin Tasik,” jelasnya. (Yud)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top