Polhukam

PKS Jabar Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

JABAR NEWS | BANDUNG – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat dan Fraksi PKS Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jawa Barat menggelar acara lomba kitab kuning yang dilaksanakan di aula kantor DPW PKS Jabar Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Sabtu (07/10/2017).

Ketua Bidang Pembangunan Umat DPW PKS Jawa Barat sekaligus penanggungjawab acara, Abdul Muiz mengatakan acara lomba kitab kuning tersebut merupakan acara kedua kalinya yang digelar PKS setelah sebelumnya dilakukan pada 2016 lalu.

“Ini acara kedua setelah tahun lalu (2016) pernah dilaksanakan. Dan hari ini merupakan final tingkat Provinsi,” ujar Muiz saat diwawancara.

Muiz menerangkan ada 26 peserta final yang merupakan santri utusan dari kota dan kabupaten yang telah berhasil lolos dari babak penyisihan di tingkat kota dan kabupaten. Sementara untuk peserta yang ikut dalam babak penyisihan se-Jawa Barat berjumlah 200 orang.

“Peserta sekitar dua ratus orang se Jawa Barat. dan Pemenang tingkat provinsi akan dikirim mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional yang diselenggarakan oleh DPP PKS pada tanggal 22 Oktober nanti,” terangnya.
 
Tahun ini Muiz berharap Jabar dapat menjadi juara setelah pada lomba baca kitab kuning tahun 2016 lalu Jawa Barat berhasil meraih posisi juara harapan ke dua.

“Pada lomba baca kitab kuning tingkat nasional tahun 2016 PKS Jawa Barat berhasil menyabet juara harapan ke dua. Harapan kami pada tahun ini Jawa Barat bisa juara ke satu, Jabar Kahiji,”harapnya.
 
Lebih lanjut anggota FPKS DPRD Jawa Barat ini menyatakan lomba baca kitab kuning ini bertujuan mengokohkan jati diri PKS sebagai partai dakwah yang memiliki kepedulian terhadap pesantren dan pendidikan Islam. Menghidupkan tradisi keilmuan di kalangan kaum Muslimin. Menjalin komunikasi yang harmonis dengan dunia pesantren salafiyah. Memotivasi para santri untuk memperdalam kajian kitab kuning.

“Kitab yang dibaca pada perlombaan kali ini adalah Kitab Fathul Mu’in. Aspek Penilaian juri meliputi ketepatan membaca sesuai kaidah Nahwu Shorof, kelancaran dalam membaca, pemahaman dan adab atau etika,” imbuhnya.

Para pemenang akan mendapatkan tropy dan hadiah uang pembinaan juara I Rp.10.000.000, juara II Rp.7.500.000, Juara III Rp.5.000.000, juara harapan I Rp.3.000.000, juara harapan II Rp. 2.000.000, juara harapan III Rp.1.000.000. Penyerahan hadiah akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu dan anggota Fraksi PKS DPRRI Ledia Hanifa.‎ (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top