Smartcity

Program P2WKSS Tingkatkan Peran Wanita Untuk Mewujudkan Keluarga Sehat Sejahtera

JABAR NEWS | BANDUNG – Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat (P2WKSS) adalah salah satu program yang merupakan upaya untuk meningkatkan peranan wanita dalam masyarakat menuju keluarga sejahtera.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Tp PKK Kota Bandung Siti Muntamah Oded didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Diden Siti Sondari dalam program rutin Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Kamis (19/10/2017).

“Program pemberdayaan ini merupakan peningkatan peran wanita perlu dilakukan untuk memaksimalkan peran wanita dalam masyarakat menuju keluarga sehat dan sejahtera,” kata Siti Oded.

Siti mengungkapkan, dalam program ini rencananya akan dibina 100 wanita di Kelurahan untuk terciptanya perbaikan sarana dan prasarana serta terciptanya perbaikan lingkungan di kawasan ini.

“Sasaran pembinaan yaitu 100 KK miskin yang berada di lokasi dengan tujuan agar terjadi peningkatan kesejahteraan dengan indikator perbaikan sarana dan prasarana, lingkungan dan perubahan perilaku,” ungkapnya.

Kegiatan pembinaan tersebut disesuaikan dengan minat dan keinginan warga binaan untuk kemudian dilakukan pelatihan yang berkenaan dengan kewanitaan serta dapat menunjang terhadap kesejahteraan keluarga.

“Nantinya akan diadakan pelatihan berjenjang selama 8 bulan untuk peningkatan softskill semisal pelatihan tata rias, pelatihan menjahit, kewirausahaan dan pelatihan lainnya” katanya.

Siti Oded berharap program P2WKSS akan berjalan sukses dan berkelanjutan serta dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayah Kelurahan Kopo.

“Semoga program ini dapat menjadi salah satu solusi perbaikan peningkatan kesejahteraan di kawasan ini,” harapnya.

Senada dengan Siti Oded yang Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Diden Siti Sondari garis besar tujuan program terpadu ini adalah meningkatkan kesejahteraan warga khususnya warga kawasan Kelurahan Kopo Kecamatan Bojongloa Kaler yang dipilih berdasarkan data Badan Pusat Statistik ,(BPS) untuk mewakili Kota Bandung dalam ajang Lomba terpadu P2WKSS di Tingkat Provinsi Jawa Barat.

” Tujuan dilaksanakan program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera yaitu Meningkatkan keterampilan, kreatifitas dan kemandirian wanita dalam melihat peluang dan menyelesaikan masalah; Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan; Meningkatkan peran wanita untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera; serta Meningkatkan keadaan ekonomi dan kesejahteraan,” pungkasnya.

Sebelumnya di Kota Bandung telah digelar program terpadu P2WKSS di kawasan Sukaluyu yang menuai prestasi di Tingkat Provinsi Jawa Barat, serta kawasan Cipadung Dan Astana anyar. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top