Bisnis

Inilah Layanan Kesehatan Cepat Pada Anak di Siloam Hospital Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Setelah menerapkan program Emergency S (Stroke) yaitu penanganan cepat pasien stroke dan Emergency C (Cardiac) untuk penanganan cepat pasien serangan jantung, kini di Unit Gawat Darurat di Siloam Hospitals Purwakarta telah diberlakukan tindakan Emergency P (Pediatric).

Emergency P adalah penanganan cepat dan akurat untuk kejang pada anak berupa pemberian obat anti kejang, pemasangan jalur intra-vena dan pemerikasaan penunjang. Semua tindakan penanganan tersebut dilaksanakan dalam waktu kurang dari 10 menit sejak pasien dibawa ke UGD Siloam Hospitals Purwakarta.

“Setelah Emergency P diumumkan melalui paging, petugas dari departemen-departemen terkait, seperti Laboratorium, Radiologi, Farmasi, dan Pendaftaran Rawat Inap akan segera berkumpul di Emergency Departemen (UGD) untuk dapat memberi layanan kepada pasien anak yang kejang tersebut,” kata dr. Hermas Irawan, Kepala Divisi Pelayanan Medis dan Penunjang Medis Siloam Hospitals Purwakarta, kepada awak media saat kegiatan Media Gathering di Siloam Hospitals Purwakarta, Selasa (21/11/2017).

dr. Hermas menuturkan, dengan adanya Emergency P, diharapkan para orang tua akan merasa tenang apabila putra-putrinya mengalami kejang dan dibawa ke Siloam Hospitals Purwakarta karena akan ditangani secara cepat dan akurat.

Selain itu ditempat yang sama, saat ini Siloam Hospitals Purwakarta juga telah membuka pelayanan Endoscopy.

Endoscopy adalah alat yang digunakan dalam teknik pemeriksaan dan atau pengobatan untuk penyakit atau kelainan pada organ-organ dalam tubuh, terutama saluran pencernaan.

Menurut dr. Kurniawan Oki Pamungkas SpBA, dokter spesialis Bedah Anak di Siloam Hospitals Purwakarta, alat Endoscopy dapat membantu kasus-kasus pada anak.

Kasus-kasus tersebut diantaranya, tertelan benda asing, perdarahan saluran cerna (seperti muntah darah, BAB berdarah), Polip, kesulitan menelan, kesulitan BAB, dan penyakit saluran pencernaan lainnya.

“Dengan adanya alat ini, kami berharap agar banyak lagi kasus pada anak yang dapat tertangani dengan cepat dan akurat,” ucapnya.

Disisi lain, Direktur Siloam Hospitals Purwakarta, dr. Irwan Gandana, MARS menambahkan diadakannya Media Gathering tersebut selain untuk memperkenalkan layanan baru maupun program baru yang dimiliki pihaknya, juga sebagai ajang silaturahmi antara pihak manajemen dengan para awak media yang ada di Purwakarta, Subang dan Karawang.

“Dengan adanya pemberitaan dari rekan-rekan media, diharapkan informasi tersebut bisa tersebar luas dan diketahui oleh masyarakat banyak,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga Irwan menjelaskan bahawa layanan Endoscopy di Siloam Hospitals Purwakarta bisa digunakan bagi pasien umum maupun pasien BPJS.

“Kita juga tegaskan, di Siloam Hospitals Purwakarta tidak membedakan pelayanan antara pasien umum maupun BPJS. Semua pasien akan mendapatkan pelayanan yang sama baiknya,” tuturnya. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top