Wanita

Anak Anda Bukan Nakal, Tapi Alami 3 Hal Ini

Dalam tumbuh kembang sikap seorang anak, peran orangtua sangatlah penting (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Terkadang tingkah seorang anak dapat membuat para ibu menjadi  stres dan juga frustasi. Bukan tanpa sebab, tingkah anak yang selalu menangis tak terkendali, menendang atau memukul orang di sekitarnya memeang dapat membuat anda kesal.

Dari tingkah anak tersebut, perlu anda ketahui bahwa sang anak bukan berarti nakal namun sebenarnya anak membutuhkan bantuan sang orangtua.

Berikut dibawah ini mengapa anak melakukan hal tersebut, diantaranya:

1. Kemampuan akan  mengontrolnya masih belum matang
Pernah meminta si kecil untuk tak melempar mainannya, namun mereka malah melemparnya dengan jauh? Pada umumnya, anak yang berusia di bawah lima tahun, belum dapat mengontrol diri. Hal itu dikarenakan pertumbuhan area otak yang fungsinya memberi kontrol diri masih belum matang. Namun seiring bertambahnya usia, area otak tersebut akan semakin matang. Preoses tersebut merupakan proses perkembangan yang sangat panjang, jadi saat anda menghadapi anak-anak yang tidak terkendali, disarankan aga untuk tingkatkan kembali level kesabaran anda.

2. Stimulasi berlebihan
Mengajak anak-anak ke sebuah pusat perbelanjaan, taman bermain atau mengikuti tur wisata seharian, memang akan membuat anak menjadi sangat kegirangan. Anak mungkin bisa melompat ke sana ke mari, bermain, namun setelah itu,  mungkin ia dapat tiba-tiba menangis dan juga menjadi rewel.

Hal tersebut dikarenakan anak mengalami kelelahan sehingga kondidi moodnya akan berubah drastis.

3. Belum bisa mengungkapkan emosinya dengan baik
Membiasakan anak untuk mengekspresikan apa yang dirasakannya melalui ucapan sangatlah penting. Hal itu untuk mencegah agar sikap anak dapat terkendali. Pada sejumlah penelitian, anak mencoba untuk menyampaikan emosi yang terpendam melalui sikapnya.

Dalam hal ini, orangtua memang sangat berperan penting. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kenalkan berbagai emosi pada anak dan mengajarinya untuk mengungkapkan emosinya.

Itulah tadi 3 hal yang dialami olah anak-anak yang mungkin akan anda cap bahwa anak nakal. Semoga info diatas dapat bermanfaat bagi anda sang orangtua dan juga para calon orangtua. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari dream.co.id

To Top