Smartcity

Banyak Limbah Kotoran Di Sungai, Pemkot Bandung Bangun Ipal Sanimas

 

JABARNEWS | BANDUNG – Limbah sungai saat ini sudah sangat kritis, salah satu penyumbangnya adalah membuang kotoran langsung ke sungai.

Sebagai upaya untuk meminimalisir limbah sungai, pemkot Bandung berencana membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) disejumlah titik.

Wakil wali kota Bandung Oded M Danial saat meresmikan IPAL di Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung mengatakan IPAL akan dibangun disejumlah titik Kota Bandung. Khususnya di kawasan yang dekat dengan sungai. Sehingga kotoran yang terbuang ke sungai bisa terminimalisir.

“IPAL komunal ini salah satu cara mengurangi sampah ke sungai. Insya Allah di Bandung akan dibangun  di beberapa titik,” ujar Oded, Senin (29/1/2018).

IPAL itu dibangun dari bantuan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenperu) dan Islamic Development Bank (IDB).

Pada IPAL yang dibangun dengan dana sebesar Rp 425 juta,  Oded berharap, dapat menampung limbah WC sekitar 120-150Kepala  Keluarga ini dapat menjadi salah satu solusi sanitasi dan kebersihan di Kota Bandung.

“Semoga  dapat menjadi salah satu solusi bagi warga  kawasan Cigending untuk  lebih bersih dan asri. Terutama tidak membuang kotoran ke sungai secara langsung,” ungkap Oded.

Oded menegaskan, pemerintah  akan terus mengupayakan kebutuhan masyarakat baik fasilitas infrastruktur dan non infrastruktur.

“Kita sebagai pemerintah akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Bandung, dicicil, sedikit demi sedikit. Untuk itu perlu kesabaran,” tutur Oded.

Laporan : Evi Damayanti

To Top