Daerah

Bulog Mulai Salurkan Rastra Gratis di Purwakarta

Wabup Purwakarta Dadan Koswara dan Kepala Bulog Sub Divisi Regional Subang, Agus Supriyanto saat peluncuran Rastra di Kantor Kecamatan Jatilihur, Purwakarta, Kamis (25/01/2018). (Foto: Red)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Badan Urusan Logistik (Bulog) bekerjasama dengan Kementerian Sosial dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta meluncurkan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Purwakarta, Kamis (25/01/2018).

“Hari ini kita launching penyaluran Rastra kepada seluruh KPM di Purwakarta yang menurut data jumlahnya sekitar 46.582 ribu orang lebih,” jelas Kepala Bulog Sub Divisi Regional Subang, Agus Supriyanto saat kegiatan peluncuran di Kantor Kecamatan Jatilihur.

Agus menerangkan jika di tahun sebelumnya Rastra yang disalurkam masih harus dibeli, kini Rastra 2018 diberikan gratis.

“Rastra gratis hingga Juni 2018. Namun beras yang diberikan menjadi 10 Kg/bulan kepada KPM. Tahun lalu 15 Kg dan bayar 1.600/kg ” katanya.

Di sisi lain, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada tiga kecamatan di Purwakarta oleh Bulog terkait Rastra dimana Kecamatan Jatiluhur meraih posisi pertama.

“Ya kang, alhamdulillah Kecamatan Jatiluhur Juara Pertama dalam kegiatan penyaluran Rastra 2017. Kecamatan kami paling tepat waktu dalam pembayaran Rastra,” ungkap Camat Jatiluhur Asep Supriatna.

Asep menuturkan karena menempati posis pertama, Bulog memutuskan untuk memilih Jatiluhur sebagai lokasi launching penyaluran Rastra 2018 untuk seluruh kecamatan di Purwakarta.

Sementara itu menariknya terdapat satu desa di Kecamatan Jatiluhur yang sejak 2014 memperoleh Rastra gratis.

“Di Desa Cileogong Rastranya sudah gratis sejak 2014. Hal diperoleh dari hasil swadaya masyarakat terkait pengolahan limbah pabrik sekitar,” tuturnya.

Laporan: Gigin Ginanjar

To Top