Travel

Curug Cinagerang Lokasi Tepat Lakukan Aktivitas Rappelling di Subang

Penyuka aktivitas rappelling saat menaklukkan tebing Curug Cinagerang, Subang. (Foto: Red)

JABARNEWS | SUBANG – Bagi traveler yang hobi bermain air, jalan-jalan ke Kabupaten Subang, Jawa Barat, tempat ini harus ada dalam daftar agenda. Di kabupaten Nanas ini banyak tempat wisata air yang bisa kalian jelajahi.

Satu diantaranya di Desa Bunihayu, Kecamatan Jalancagak. Di kecamatan yang menjadi sentra buah Nanas ini kalian bisa menikmati keindahan air terjun alami yakni Curug Cinangerang.

Tersembunyi dibalik belantara hutan Pinus yang berada dikawasan Perum Perhutani Unit ll Purwakarta, Curug ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter .

Ada banyak hal yang bisa traveler lakukan selama bertandang di Desa Wisata Bunihayu ini, selain mandi di bawah aliran curug atau untuk sekedar hunting foto.

Penyuka aktivitas rappelling (menuruni tebing) dan canyoning (penelusuran sungai) pun bisa melakukannya di Curug Cinangerang.

Lokasi yang tak terlalu tinggi dan kondisi tebing yang memungkinkan jadi alasan kenapa Curug Cinangerang jadi favorit untuk rappelling.

Ketua Komunitas Pecinta Alam WARNA ALAM Atang Suhayat, tidak menganjurkan rappelling (turun tebing) di Curug Nangerang sebab selain tebing lumayan tinggi dan kondisinya cukup ekstrem bagi para pemula.

“Sebab bagaimanapun juga, tidak semua orang bisa bermain di ketinggian, dan ini nilai plus buat para pemburu adrenalin,” kata Kang Atang sapaan akrabnya disela sela kegiatannya

Menurutnya, bagi anggota Komunitas PA WARNA ALAM aktivitas rappelling bukan hanya sebatas hoby menuruni tebing atau tempat tinggi saja, tapi juga disebut sebagai cara untuk berinteraksi dengan bentangan alam. 

“Modalnya tidak cukup hanya nyali saja, ada teknik yang betul-betul harus dikuasi, termasuk peralatan yang sangat aman,” ucapnya.

Atang menuturkan, perjalanan menuju ke Desa Bunihayu dari pusat Kota Subang bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat sekitar 40 menit.

Akses jalan dari dari Dusun Bunihayu ke lokasi Curug bisa ditempuh dengan kendaran roda dua sekitar 30 menit.

“Satu hal yang harus diperhatikan, kondisi jalan menuju lokasi berkelok dan agak sempit,” tutupnya. (Mar)

To Top