Leisure

Dua Minuman Ini Baik Bagi Kesehatan Jantung Anda

Ilustrasi (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Kesehatan jantung perlu kita perhatikan karena jantung merupakan ogan terpenting dalam tubuh. Seperti diketahui, jantung bekerja untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jika jantung dalam keadaan yang tidak sehat, maka secara perlahan jantung pun akan kehilangan fungsinya.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung anda seperti rutin berolahraga, tidak merokok, menghindari makanan fast food atau junk food. Diantara hal tersebut, ada dua minuman yang baik bagi kesahatan jantung anda.

Berikut di bawah ini dua jenis minuman yang dapat menjaga kesehatan jantung anda:

1. Kopi
Kopi tak hanya memberi banyak manfaat untuk kesehatan kita karena tingginya kandungan anti-oksidan, namun juga meminimalisir risiko serangan jantung. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa bahwa lebih dari 25.000 pria dan wanita yang tidak memiliki tanda-tanda penyakit jantung sebelumnya dengan meminum 3-5 cangkir kopi sehari memiliki kalsium lebih sedikit sebanyak 40% dalam arteri koronernya dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Hasil penelitian tersebut sejalan dengan berbagai analisa berbeda di kurun waktu sebelumnya yang menyatakan jika kopi sangatlah efektif untuk meminimalisir risiko serangan jantung dan diabetes tipe 2.

2. Jus delima
Antioksidan yang terkandung dalam buah delima memiliki 3 kali lipat lebih banyak dari anggur merah dan teh hijau. Selain itu, buah delima dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pertumbuhan pembentukan plak di arteri, dan meningkatkan aliran darah dan menjaga arteri dari penebalan dan pembekuan plak.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, orang yang meminum jus buah delima mengurangi perkembangan aterosklerosis. Aterosklerosis adalah suatu proses pengerasan pada pembuluh darah yang ditandai oleh penimbunan sejumlah substansi berupa endapan lemak, kolesterol, trombosit, sel makrofag, leukosit, kalsium dan produk sampah seluler lainnya yang terbentuk di dalam lapisan tunika intima hingga tunika media, yang disebut sebagai plak ateroma. Plak tersebut berwarna kuning karena mengandung lipid dan kolesterol.

Itulah tadi dua jenis minuman yang dapat menjaga kesehatan jantung anda.

 

Sumber berita ini diambil dari berbinarbinar.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top