Wanita

Gaun Kebaya Anda Ingin Tetap Awet? Inilah Caranya

Artis indonesia, Dian Sastrowardoyo saat memakai kebaya (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Umumnya para kaum perempuan pasti memiliki lebih dari satu gaun kebaya yang tersimpan dalam lemari pakaian. Namun tak sedikit pula yang masih tidak tahu bagaimana cara meawat gaun kebaya dengan baik dan benar. Dalam merawat gaun kebaya pun memang tidak sama dengan merawat jenis pakaian lainnya. Oleh karena itu, simak beberapa tips di bawah ini agar gaun kebaya anda tetap awet dan cantik.

1. Tidak terlalu sering mencuci

Usahakan agar anda tidak terlalu sering untuk mencuci gaun kebaya anda,  karena hal ini akan membuat penampilan gaun kebaya maupun hiasannya menjadi kurang bagus. Cucilah gaun kebaya anda jika memeang sudah benar-benar kotor dan bau akibat penggunaan gaun yang berkali-kali.

2. Jangan menggunakan mesin cuci

Hal yang satu ini perlu anda perhatikan. Jika anda ingin mencucinya, maka cucilah dengan tangan namun tidak menggunakan mesin cuci. Manik-manik atau hiasan yang terdapat gaun kebaya anda mungkin bisa saja terlepas dan rusak. Mencuci gaun kebaya pun disarankan untuk tidak menggunakan detergen yang mengandung pemutih. Jangan mengucek gaun kebaya anda jika manik-manik atau hiasan pada gaun kebaya anda tetap awet.Serta Anda juga tidak boleh untuk memeras baju ini. Anda harus mencuci baju ini menggunakan tangan Anda namun dengan cara yang lembut.

3. Jangan terlalu lama direndam

Usahakan untuk merendam gaun kebaya anda selama 10 menit saja. Terlalu lama merendam gaun kebaya akan membuat bahan gaun kebaya anda menjadi mudah sobek. Saat menjemur gaun kebaya pun harus anda perhatikan. Jangan menjemur gaun kebaya anda di bawah terik sinar matahari secara langsung, karena akan membuat warna dari gaun kebaya anda cepat memudar.

4. Simpan gaun kebaya dengan baik dan benar

Untuk gaun kebaya yang terbuat dari bahan yang mudah patah, seperti shating, satin atau organza lebih baik simpan dengan hanger saja daripada dilipat. Pastikan juga hanger untuk gaun kebaya dilengkapi padding untuk menjaga agar bagian khususnya lengannya tidak koyak.

5. Jangan diseterika

Beberapa jenis gaun kebaya memang sangat rentan akan panas suhu dari setrikaan. Jika anda ingin menyetrikanya, maka disarankan untuk menyetrikanya dalam suhu yang rendah.

Itulah tadi beberapa tips untuk menjaga agar gaun kebaya anda tetap awet dan cantik. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari lynehalim.com

To Top