Wanita

Girls, Berikut Beberapa Makanan Sehat yang Wajib Kamu Tahu

Empat porsi mingguan sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dapat memangkas risiko kematian akibat penyakit apapun

JABARNEWS | BANDUNG – Menjaga kesehatan merupakan kewajiban bagi setiap orang, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Memiliki badan yang sehat dan ideal merupakan impian bagi setiap orang terutama perempuan.

Berikut di bawah ini beberapa makanan sehat yang dapat anda konsumsi, diantaranya:

1.  Apel untuk berat badan ideal

Kebanyakan wanita tidak percaya diri dengan berat badan yang berlebih. Apalagi untuk anda yang  baru saja melahirkan. Apel selain mengandung antiosidan untuk kekebalan tubuh ternyata mampu mempertahankan berat badan ideal anda karena pemanis yang terkandungnya masuk secara bertahap sehingga mengontrol nafsu makan anda.

2. Telur untuk menurunkan resiko kanker payudara

Kuning telur adalah rumah bagi nutrisi penting tetapi sulit didapatkan, termasuk kolin, yang berkaitan dengan menurunkan tingkat kanker payudara (persediaan satu kuning telur 25% dari kebutuhan harian Anda). Dan antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

3.  Biji gandum untuk pemulihan setelah melahirkan

Biji gandum utuh ternyata mampu membantu anda untuk memulihkan keadaan tubuh setelah melahirkan, selain itu gejala PMS dapat diredakan dengan mengkonsumsi biji gandum sebelum menstruasi. Vitamin B6 dan asam folat merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung anda.

4.  Tomat untuk kecantikan wajah

Masalah pada wajah bagi wanita adalah hal yang paling menakutkan sehingga tak jarang wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk merawat wajahnya.

Namin dengan buah yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti tomat yang mengandung vitamin A dan C mampu membersihkan wajah anda dari jerawat, selain itu tomat juga mampu mengatasi minyak di kulit wajah anda. Anda akan mendapat manfaat yang luar biasa dengan mengkonsumsi tomat secara teratur termasuk menghilangkan komedo dan membuat kulit wajah anda lebih bercahaya.

5.  Kacang kenari untuk reproduksi wanita

Sistem reproduksi merupakan hal yang sangat sensitif. Pada wanita, perubahan hormon, kelainan pada organ reproduksi, infeksi, penyakit, dan bahkan stres dapat menyebabkan kemandulan. Untuk meningkatkan kesuburan Anda, cobalah makanan yang kaya omega-3 asam lemak, seperti kenari. Tubuh menggunakan omega-3 asam lemak untuk memproduksi hormon yang disebut eikosanoid, yang meningkatkan aliran darah ke rahim, sehingga meningkatkan kemungkinan kehamilan dan memfasilitasi perkembangan janin. Omega-3 juga dapat menurunkan risiko kelahiran prematur dan berat lahir rendah.

6.  Susu untuk menjaga tulang

Susu merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan wanita dalam menjaga mempertahankan tulang. Selain itu susu juga mengandung vitamin, mineral dan protein yang dapat membantu proses yang optimal dalam penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang, sehingga anda terhindar dari osteoporosis. Kalsium juga dapat membantu anda dalam menjaga berat badan yang ideal. Adanya kandungan serat yang membantu melancarkan saluran pencernaan.

7.  Bayam untuk mencegah dari kanker

Kanker serviks dan kanker payudara adalah pembunuh dengan peringkat teratas bagi wanita. Dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung antioksidan seprti bayam ternyata dapat meminimalisir radikal bebas yang memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu bayam juga zat antikanker di dalam bayam yaitu  flavonoid, akan memperlambat pembelahan sel kanker. Bayam sangat bagus untuk kekebalan tubuh anda juga untuk penglihatan dan tekanan darah.

8.  Coklat untuk menurunkan stress

Ketika perubahan mood berlangsung menjelang menstruasi, gejala PMS maka akan mengalami beberapa hal yang menggangu aktivitas anda sehingga menyebabkan stress. Kandungan theobromin yang terdapat pada coklat membantu mengaktifkan zat rasa senang dan mengatur zat stress sehingga mampu mengatasi gejala PMS. Coklat juga mampu mengurangi berat badan dan mencegah diabetes . Ternyata coklat juga dapat meningkatkan kecerdasan  dan menambah anda untuk berkonsentrasi, flavonol yang terdapat pada coklat hitam membuat kita lebih cerdas.

9.  Jeruk untuk ibu hamil

Kandungan senyawa yang terdapat pada jeruk sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin c dapat membantu kekebalan tubuh ibu hamil, asam folat juga sangat dibutuhkan oleh bayi sehingga membantu membangun sel-sel baru. Adanya senyawa yang ternyata menjaga dinding pembuluh darah sehingga mengurangi peradangan selama kehamilan.

10. Brokoli untuk menurukan resiko penyakit jantung

Mengkonsumsi brokoli ternyata mampu mencegah penyakit yang mengancam jiwa, seperti penyakit kanker, penyakit jantung. Brokoli mengandung sulforaphan, zat pencegah kanker dan mengukus ringan  brokoli melepaskan jumlah maksimum sulforaphane. Sulforaphane milik sekelompok phytochemical, atau senyawa melawan penyakit dalam makanan nabati, yang dikenal sebagai isothiocyanates.

Seiring dengan phytochemical yang terkait, hal ini membantu untuk mencegah terhadap perkembangan kanker. Sulforaphane mencegah enzim tertentu dari mengaktifkan agen penyebab kanker dalam tubuh dan meningkatkan produksi tubuh dari enzim lain yang karsinogen bersih dari sistem sebelum mereka dapat.

Hasil penelitian Johns Hopkins menunjukkan, rata-rata hanya empat porsi mingguan sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dapat memangkas risiko kematian akibat penyakit apapun dengan 26% di antara 6.100 orang yang diteliti selama 28 tahun.

Sumber berita ini diambil dari bidanku.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top