Wanita

Inilah Dampak Buruk Sering Memakai Flat Shoes

Memakai flat shoes terlalu sering ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi sebagian wanita, flat shoes mungkin lebih nyaman untuk dipakai karena haknya yang datar dan tidak membuat kaki menjadi pegal dan tidak membuat kita takut akan terjatuh seperti menggunakan sepatu high heels.

Namun menurut para ahli ortopedi mengatakan, terlalu sering mengenakan alas sepatu yang tipis akan berbahaya bagi kesehatan. Bukan tanpa sebab, pada saat menggunakan flat shoes, otot-otot kaki, tendon (tulang belakang kaki bagian bawah) pembuluh darah dan sendi bagian kaki menanggung beban 3 kali lebih banyak dan hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kram kaki, nyeri otot dan sakit punggung, serta masalah lutut.

Tipisnya sol sepatu pada flat shoes pun dapat menimbulkan plantar fasciitis. Plantar fascitiitis adalah peradangan pada jaringan fibrosa tebal yang melintang dari tumit hingga jari kaki. Jaringan tersebut disebut plantar fascia dan berguna untuk menopang otot dan lengkungan telapak kaki serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki. Jika terlalu meregang atau terlalu sering digunakan, permukaan plantar fascia dapat sobek hingga menyebabkan peradangan, nyeri, dan sulit berjalan.

Salah satu dokter spesialis kaki dari New York, Dr. Daniel Drapacz menyebutkan bahwa banyak wanita menganggap flat shoes adalah pilihan yang lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan sepatu hak tinggi. Akan tetapi banyak dari mereka yang tak menyadari bahwa flat shoes dapat membuat tumit dan bagian tungkai tak tersangga dengan baik.

Tak adanya bantalan yang empuk pada flat shoes dapat mengakibatkan nyeri pada tumit, bengkak pada jaringan tebal di dasar kaki, tumit pecah-pecah, nyeri pinggul hingga terjadinya keretakan tulang pada telapak kaki.

Oleh karena itu, agar tetap aman dalam menggunakan sepatu flat shoes, anda sangat disarankan untuk memakai flat shoes yang nyaman dengan bantalan yang empuk dan pas dengan ukuran kaki agar tidak memicu ingrown toenails (kuku kaki tumbuh ke dalam) yang menyebabkan infeksi internal dan kemudian menyebar hingga ke tulang. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari beautynesia.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top