Wanita

Jenis Obat Ini Dilarang Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Ilustrasi (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Asupan gizi dan nutrisi saat kehamilan sangatlah perlu untuk diperhatikan. Mulai dari makanan, minuman hingga obat-obatan tertentu seperti vitamin dll.

Mengonsumsi obat-obatan dalam masa kehamilan pun tak boleh sembarangan, anda perlu pengawasan dari dokter. bukan tanpa sebab, obat-obatan yang masuk dalam tubuh tak hanya bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan sendiri, tapi juga kondisi kesehatan dalam janin.

Berikut beberapa jenis obat-obatan yang tidak boleh ibu hamil konsumsi, diantaranya:

Ibuprofen (Advil dan Motrin)
Seperti yang diketahui, ibuprofen adalah obat yang memiliki fungsi yang dapat meredakan nyeri berbagai kondisi diantaranya, sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, nyeri otot, atau arthritis. Saat masa kehamilan, disarankan untuk tidak sembarangan mengonsumsi karena dampak terburuknya dapat menyebabkan kerusakan jantung dan paru-paru pada janin.

Naproxen (Aleve)
Obat naproxen perlu anda hindari saat kehamilan. Bila obat ini dikonsumsi ibu hamil, aliran darah ke janin dapat menurun.

Aspirin
Obat aspirin juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan aliran darah bayi mengalir ke uterus yang dapat memengaruhi perkembangannya.

Obat Jerawat
Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) kandungan accutane dan obat yang mirip retinoid dapat menyebabkan berbagai kelainan bawaan yang membuat bayi lahir dengan fisik tak sempurna. Dampaknya pun dapat memengaruhi otak bayi, kemampuan inteleknya, dan juga gangguan jantung.

Ribavirin
Obat ini biasa digunakan untuk mengatasi penyakit kronis Hepatitis C. Ibu hamil sebaiknya tak mengonsumsinya, bahkan wanita yang tadinya rutin minum obat ini harus menunggu 6 bulan terlebih dahulu untuk berhenti sebelum merencanakan kehamilan.

Antihistamin
Obat ini mempunya fungsi untuk menghalangi kerja zat histamin. Pada umumnya, obat ini dipakai untuk mengobati alergi. Ibu hamil disarankan untuk tidak meminum obat ini.

Vitamin dan Obat Anti Depresi
Terlalu banyak atau berlebihan mengonsumsi vitamin sangat tidak disarankan bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Obat anti depresi pun tak bisa sembarangan dikonsumsi. Perlu resep dan pengawasan langsung dari dokter jika harus mengonsumsinya.

Obat Tidur dan Pereda Migrain
Tak jarang para ibu hamil sering mengalami gangguan tidur, namun jangan sembarangan mengonsumsi obat tidur karena efeknya dapat memengaruhi tumbuh kembang janin yang berisiko mengalami masalah mental hingga kesulitan belajar.

Jika anda mengalmi migrain pun jangan sembarangan mengonsumsi obat, khususnya yang mengandung topamax. Jika anda pergi ke dokter untuk mengobati migrain, pastikan babwa anda memberitahu dokter jika kondisi kita sedang hamil.

Tak hanya obat-obatan yang disebutkan di atas saja, beberapa jenis antibiotik tertentu pun tak boleh anda konsumsi sembarangan. Antibiotik golongan tetrasiklin merupakan jenis antibiotik yang paling berisiko karena dapat mengganggu kondisi organ hati ibu hamil serta memengaruhi warna gigi pada janin yang dikandung.

Itulah tadi beberapa obat yang tidak boleh ibu hamil konsumsi sembarangan. Namun anda tak perlu panik, jika membutuhkan obat-obatan tertentu, anda disarankan untuk selalu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter dan selalu cari tahu juga kemungkinan efek samping tertentu bila anda mengonsumsi jenis obat tertentu. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top