Leisure

Kenalkan sejarah, Mahasiswa Unpas Bandung Putar Film Dokumenter

Sutradara sekaligus mahasiswa Universitas Pasundan, Sofie Hanna filda saat ditemui di Gedung Bandung Creative Hub, Kamis (25/01/2018). (Foto: Red)

JABARNEWS | BANDUNG – Terinspirasi dari The Untold Story Otto Iskandar Dinata karya Lip D. Yahya, Sofie Hanna Filda (24) bersama kedua rekannya Alfredo Waldy (26) dan Taufik Hidayat (22) yang merupakan mahasiswa Universitas Pasundan jurusan Film, merilis film dokumenter yang berjudul Otto Iskandar Di Nata di Gedung Bandung Creative Hub, Kamis (25/01/2018).

“Ini berawal karena ada ketertarikan kepada budaya sunda, khususnya pahlawan sunda yaitu Otto Iskandar Dinata,” kata Sofie saat menjelaskan alasannya memilih tokoh Otto Iskandar Di Nata sebagai objek dalam filmnya.

Pada pembuatan film tersebut Sofie mengaku jika ia bersama rekannya mendapati sejumlah kendala yang lumayan rumit. Ia bersama rekannya telah melakukan riset hampir 6 bulan dan pengerjaan 1 tahun. Untuk kendala pastinya ada yaitu saat menampilkan visual, pembangian antara animasi, dan wawancara.

Kendati begitu, ia menilai betapa pentingnya anak muda zaman sekarang perlu sekali untuk mempelajari perjalanan sejarah yang sedikit demi sedikit mulai terlupakan.

Meski masih menemui kekurangan pada film tersebut, kedepannya Sofie berencana untuk melakukan beberapa perubahan dan membuat judul baru yang mengangkat tokoh Dewi Sartika sebagai objeknya.

“Ini masih perlu direvisi dan bakal tayang dibeberapa tempat lagi. Untuk selanjutnya kita akan buat film mengenai Dewi Sartika yang merupakan Ibu Sunda,” terangnya.

Laporan: Teddy Permana

To Top