Pilkada

KPU Jabar, Para Calon Di Pilgub Jabar Belum Memenuhi Syarat

 

JABARNEWS | BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan para calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan maju di Pilgub Jabar 2018. Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa kedelapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dinyatakan memenuhi persyaratan kesehatan.
Meski demikian secara keseluruhan, para calon di pilgub Jabar belum memenuhi persyaratan secara utuh. Terlebih masih banyak berkas yang belum dilengkapi.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan, pihaknya telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan para calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang maju di pilgub Jabar 2018 dari tim pemeriksa. Dalam hal itu pihaknya memiliki kewajiban untuk mengumumkannya ke publik.

“Terkait hasil pemeriksan kesehatan dari 8 orang calon gubernur dan wakil gubernur, berdasarkan surat yang disampaikan tim pemeriksa kesehatan ke kpu jabar, kedelapan calon tersebut dinyatakan memenuhi syarat kesehatan,” jelas Yayat kepada wartawan, Rabu (17/1/2018).

Namun demikian, lanjutnya, berkas pemeriksaannya bersifat rahasia, terutama untuk point poitnya. Dalam hal itu pihak KPU Jabar tidak mengetahuinya.

“Kami saja tidak tahu, yang hanya tahu itu adalah calon yang bersangkutan. Hasilnya kita titipkan kepada tim kampanye agar disampaikan ke masing masing calon dan tidak boleh dibuka,” katanya.

Lebih lanjut Yayat mengatakan, dari hasil pemeriksaan kesehatan, para calon memang telah memenuhi persyaratan, namun demikian masih banyak calon yang belum melengkapi berkas persyaratan.

“Berkaitan dengan pemeriksaan berkas calon. Ditemukan hampir dari keseluruhan calon, itu berkasnya belum lengkap,
Itu variasi, belum lengkapnya apa saja, misalnya skcknya belum asli, lhkpn nya perlu yang terbaru, atau terkait tim kampanye yang belum diserahkan. Oleh karena itu statusnya seluruh pasangan ini belum memenuhi syarat,” katanya.

Dalam hal itu KPU Jabar memberikan kesempatan kepada para calon untuk segera melengkapi berkas persyaratan tersebut.

“Kpu memberikan kesempatan selama 3 hari terhitung besok, kepada pasangan calon untuk melengkapi persyaratan yang diminta kpu. Saya katakan ke tim kampanye, bahwa KPU Jabar meminta, yang dilengkapi itu hal hal yang diminta oleh KPU, jangan memperbaharui berkas yang sudah lengkap, yang kurang saja dilengkapi,” katanya.

Terkait itu pihaknya pun telah menyampaikan hal tersebut kepada para tim kampanye masing masing calon.

“Ternyata tim kampanye sudah siap memperbaiki tidak kurang dari 3 hari, tapi hampir rata rata akan melengkapinya besok, mudah mudahan betul besok, sehingga bisa lebih mudah lagi bagi kpu untuk memeriksa berkas,” katanya.

Laporan : Agus Hermawan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top