Leisure

Luruskan Tulang Punggung Anda Dengan Gerakan Yoga Ini

Gerakan Yoga dapat membantu meluruskan tulang punggung anda (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Kondisi tulang punggung bungkuk diakibatkan karena kebiasaan tubuh yang tidak benar. Pada umumnya, hal tersebut dapat dialama pada saat berjalan maupun duduk di kursi.

Memang terkadang posisi tubuh yang tidak benar terjadi begitu saja tanpa anda sadari, sehingga posisi tulang punggung anda berubah dan tubuh menjadi membungkuk.

Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama, maka posisi badan akan semakin membungkuk dan akan memicu terjadinya beberapa masalah tulang belakang.

Tak hanya dalat mengubah kurva tulang belakang saja, pencernaan pun akan terganggu karena tersumbatnya organ pencernaan.

Tubuh bungkuk akan memberikan tekanan pada beberapa bagian otot belakang, yaitu pada pundak dan otot-otot disekitar leher dan punggung belakang, yang pada akhirnya akan terasa sakit.

Maka oleh karena itu, ada berapa gerakan yoga sederhana yang dapat membantu untuk membuka pundak (shoulder opening), sehingga menjaga badan tetap tegak dan tegap.

Berikut di bawah ini beberapa gerakan yang dapat anda coba, diantaranya:

1. Standing forward bend
Berdirilah tegak dengan membuka kaki selebar pinggul. Lalu letakkan tangan anda di belakang punggung, rapatkan, kemudian luruskan lengan menjauhi punggung. Tarik nafas dalam-dalam, arahkan pandangan ke depan, kemudian posisikan tubuh anda membungkuk perlahan-lahan sehingga mendekati paha dan buang nafas.

Tahan pose tersebut selama 5-10 menit. Kemudian lepaskan pegangan tangan dan jatuhkan ke lantai. Jaga agar badan tetap lurus.

 2. Bridge pose
Berbaringlah telentang, kemudian tempatkan kaki anda di lantai dan tekuk lutut. Lalu letakkan lengan di samping tubuh anda, kemudian posisikan telapak kaki anda mendekati bokong.

Tarik nafas, kemudian angkat bokong dan pinggul anda ke atas. Tumpu beban tubuh anda pada lengan dan kaki. Tarik nafas dalam-dalam, tahan pose ini selama 3-4 kali nafas panjang. Buat gerakan naik-turun dan ulangi 2-5 kali.

3. Upward-facing dog
Berbaringlah telungkup di atas matras, dan tempatkan telapak tangan anda di samping tubuh. Kemudian luruskan kedua kaki dan letakkan punggung kaki di lantai. Tarik nafas dalam-dalam, dan angkat tubuh ke atas. Angkat  sampai badan hingga paha juga terangkat.

Tumpukan berat badan ke telapak tangan anda dan ujung kaki. Tahan posisi ini selama 2-4 kali lalu nafas dalam-dalam. Ulangi posisi tersebut sebanyak 2-3 kali.

4. Cow face pose
Duduklah di lantai, kemudian silangkan kaki kanan di atas kaki kiri anda. Lalu tarik nafas dan lakukan peregangan tangan ke beberapa titik, atas, bawah, depan, dan belakang. Buang nafas sambil istirahatkan lengan anda.

Ambil tangan kanan ke atas, kemudian tekuk, sedangkan tangan kiri anda di belakang punggung. Kemudian pertemukan jari di belakang punggung dan tahan selama satu menit. Ulangi untuk sisi tangan dan kaki yang berlawanan.

5. Table top
Duduklah di lantai, kemudian tekuk lutut dan posisikan kaki anda mendatar di lantai. Lalu tarik nafas dalam-dalam dan angkat pinggul sampai tulang belakang tegak lurus dengan lantai. Posisikan tubuh anda hingga menyerupai gerakan kayang. Tahan posisi tersebut selama 3-5 kali nafas. Ulangi 2-3 kali.

 

Itulah tadi beberapa gerakan yoga yang dapat membantu meluruskan tulang punggung anda. Jika anda melakukannya setiap hari, dalam waktu 3 minggu, semua keluhan yang berkaitan dengan posisi badan dan punggung bungkuk pun akan hilang. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari kompas.com

To Top